KONTRIBUSI EFIKASI DIRI DAN KONTROL DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BANJARMASIN

Himatul Aini, Ali Rachman, Eklys Cheseda Makaria

Abstract


Rendahnya motivasi belajar dapat berakibat buruk bagi siswa, hal ini dapat menghambat perkembangan siswa agar mampu berkembang secara optimal. Motivasi belajar sebagai daya penggerak untuk melakukan berbagai macam pekerjaan atau tugas bagi siswa, selain itu motivasi belajar juga menjadi penentu arah dalam melakukan berbagai tindakan untuk mendorong siswa melakasanakan tugas dan kewajibannya, serta motivasi belajar menjadi penyeleksi perbuatan mana hal yang baik dan yang buruk. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis penilitian kontribusi, serta alat pengumpul data yang digunakan memakai angket motivasi belajar, angket efikasi diri dan angket kontrol diri dengan pengukuran skala likert, dan teknik penarikan sampel menggunakkan simple random sampling, sampel terdiri dari 73 siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil yang didapat menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (sig > 0,05). Sehubungan nilai hitung lebih rendah dari 0,05, sehingga terdapat adanya kontribusi  dari ketiga variabel yang diteliti pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Banjarmasin.

Full Text:

PDF

References


Chairani, Mira. 2017. “Pengaaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Serta Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa”.Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 5 (1): 331-38. (Diaksesdari http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jsee/article/view/359 [6 Oktober 2019]).

Ghufron, M. Nur & S Rini Risnawita. 2017. Teori-Teorii Psikologi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Khodijah, Nyayu. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Komsi, Dwi Noviana, dkk. 2018. “Kontribusi Pola Asuh Orangtua Demokratiis, Kontrol Diri, Konsep Diri Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa”. Psychology, Evaluation, and Technology In Educational Research, 1 (1): 55-60. (Diakses dari http://www.petier.org/index.php/PETIER/article/view/21 [2 Oktober 2019]).

Saputra, Dwi & Hidayat, Wahyu. 2020. “Hubungan Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmanni Angkatan 2017 STKIP PGRI Jombang”. Pedadogi, 1 (1): 75-82. (Diaksesdari https://www.jurnalpedagogi.org/index.php/pedagogi/article/view/30/17 [2 Juni 2020]).

Setiadi, Vania Puspa Zerlinda & Purnama, Agus. 2019. “Kontrol Diri dengan Motivasi Belajar Anak Usia Remaja”. Jurnal, KEP 4 (1). (dari https://www.researchgate.net/publication/337596734_Kontrol_Diri_Dengan_Motivasi_Belajar_Anak_Usia_Remaja [2 Juni 2021]).

Wahab, Rohmalina. 2016. Psiikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.4.4283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats