EVALUASI PELAKSANAAN LAYANAN KUNJUNGAN RUMAH (HOME VISIT) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UCLA (UNIVERSITY OF CALIFORNIA IN LOS ANGELES) DI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN

Ramdani Wicahyati S, Ali Rachman, Ririanti Rachmayanie J

Abstract


Salah satu layanan pendukung BK adalah kunjungan rumah (home visit). Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pelaksanaan layanan home visit di SMA Negeri 2 Banjarmasin ini diberikan, apakah sudah berjalan sesuai dengan evaluasi model UCLA (need assessment, program planning, formative evaluation dan summative evaluation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi program model UCLA (University of California in Los Angeles). Berdasarkan hasil penelitian, layanan home visit di SMA Negeri 2 Banjarmasin pada aspek need assessment sudah efektif karena sesuai dengan langkah-langkah kriteria evaluasi. (2) program planning cukup efektif karena pada indikator menyiapkan kelengkapan administrasi masih berjalan kurang maksimal. (3) formative evaluation cukup efektif karena pada pelaksanaan berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan namun masih memerlukan persiapan yang lebih matang. (4) summative evaluation cukup efektif. Dari keempat aspek tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan home visit yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banjarmasin berjalan baik dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta.

Prayitno dan Amti. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiharto dan Sugiyono. 2004. The Development of Program Model Guidance and Counseling Service Based on CSE-UCLA of Junior High School in Kudus. Jurnal (Online). Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/4387.

Sukardi, Ketut Dewa dan Nila Kusumawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Sekretariat Negara. Jakarta:

Wardati, dan Muhammad Jauhar. 2011. Implementasi Bimbingan & Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.4.4286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats