Analisis Kepuasan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility PT Indo Muro Kencana

Dwi Rizkie Putri June

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kepuasan masyarakat bidang kemandirian ekonomi pada program peningkatan kapasitas masyarakat lingkar tambang yang telah diberikan oleh CSR PT Indo Muro Kencana serta untuk melihat kualitas bidang kemandirian ekonomi pada program peningkatan kapasitas masyarakat lingkar tambang yang telah diberikan oleh CSR PT Indo Muro Kencana. Metode penelitian menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan tipe deksriptif dengan populasi sebanyak 55 responden . sampel yang digunakan adalah pusposive sampling terdiri dari 35 orang penerima manfaat dan 20 orang masyarakat bebas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data   menggunakan analisis pertama menggunakan karakteristik responden dan yang kedua penilaian kepuasan masyarakat terhadap Program CSR.  Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat kepuasan masyarakat pada program CSR PT Indo Muro Kencana berdasarkan PermenPAN No 14 Tahun 2017 yang telah dikembangkan menjadi 12 unsur, 11 aspek mendapatkan penilaian “BAIK”. Terdapat temuan pada unsur kemampuan menangani tantangan pada proses pelaksanaan program mendapatkan penilaian “Kurang baik”. Namun dengan demikian kinerja CSR PT Indo Muro Kencana secara keseluruhan mendapatkan penilaian “BAIK” dengan nilai indeks sebesar 2.932 atau 73.306 setelah dikonversi. (2) Kualitas dari program dilihat dari perspektif peningkatan kapasitas masyarakat sangat berpengaruh dalam meningkatkan wawasan mereka. Dimana dilihat berdasarkan rekapitulasi pelatihan sejak tahun 2019-2023, pelatihan yang sustainable. Masyarakat merasakan manfaat dan bisa melanjutkan program secara mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan baik dan dapat diserap dengan baik oleh masyarakat.

References


A.B. Susanto, Corporate Social Responsibility, Jakarta : The Jakarta Consulting 2007, A Strategic Management Approach, CSR, Jakarta Consulting

Abu, Huraiah. (2008). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora

Dendhart, J. & Dendhart, R. (2007). The New Public Service. New York: M. E. Sharpe

Sugiyono. (217). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Marnelly, T. R. (2012). Corporate Social Responsibility (Csr): Tinjauan Teori Dan Praktek Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2), 49–59.

A.B. Susanto, Corporate Social Responsibility, Jakarta : The Jakarta Consulting 2007, A Strategic Management Approach, CSR, Jakarta Consulting

Abu, Huraiah. (2008). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora

Dendhart, J. & Dendhart, R. (2007). The New Public Service. New York: M. E. Sharpe

Sugiyono. (217). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Marnelly, T. R. (2012). Corporate Social Responsibility (Csr): Tinjauan Teori Dan Praktek Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2), 49–59.

I. Sigit, “Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Program Corporate Social Responsibility Kampung Bioflok Laju.”

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpp.v6i1.12438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

 

 

Web Analytics

Flag Counter