IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Komparatif Pada Taman Kanak-Kanak yang Terakreditasi dan Tidak Terakreditasi di Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan)

Mega Pardosi, Widyakanti Widyakanti, M. Nur Iman Ridwan

Abstract


Early Childhood Education Programs is a government way to create human resources are ready to compete in the era of globalization. The purpose of this research is to find (1) the implementing of early childhood education programs, especially in Mantui Village, Sub-district South Banjarmasin, and (2) what are the constraints of implementing process. The result of research is (1) implementation early childhood education there are not according to the standards listed in Permendiknas No.58 tahun 2009, and based on the results in the field, accredited kindegarten, the implementation is not accordance with the standards of early childhood education.(2) The most common of constraints is, human resources like most teachers have not scholar, and another constraint is facilities communication and information ,and infrastructure. The research recommend to(1) Banjarmasin Education Office :requiring teachers to graduate, not only for public servant but also private. (2) Kindergarten principal:giving priority to data management. (3) Kindergarten teachers : take more training provided by the government.

References


Buku :

Agustino, Leo.2006. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan.

Nasional.2012. Konsep Pengembangan Kurikulum PAUD.Jakarta.

Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.2013. Rekap Data PAUD Kota Banjarmasin.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.2012.Petunjuk Teknis Penyelengaraan Taman Kanak-kanak.Jakarta: Balai Pustaka.

Fisip UNLAM.2009. Pedoman Penulisan Skripsi. Banjarmasin: Pustaka Banua.

Nugroho,Riant.2006.Kebijakan.

Publik Untuk Negara-negara Berkembang.

Jakarta: PT. Elek media komputindo kelompok gramedia.

___________ .2012.Public Policy, edisi kempat (revisi). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pasolong, Harbani.2013.Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Syafiie, Inu Kencana.2006.Ilmu Administrasi Publik (Edisi Revisi).Jakarta: PT Rineka Cipta.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik Teori dan Proses (edisi revisi). Yogyakarta: Media pressindo.

Jurnal :

Hasyim, AW., Yayat, S., Nooerhidayah.2009. Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Paud. Jurnal Edukasi. Vol.1,No.2,p. 1-12

Internet :

www.banjarmasin.tribunnews.com/2013/10/25/guru-paud-harus-sarjana

(di akses tanggal 12 september 2013)

www.banjarmasin.tribunnews.com/2013/09/18/tragis-5-km-dari-pemko-belum-terjamah-listrik

(diakses tanggal 6 januari 2014)

www.bppnfi-reg4.net/web/index.php/direktorat-pendidikan-anak-usia-dini.html

(diakses tanggal 05 juni 2014)

Perundang-undangan :

Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab 1, Pasal 1, Butir 14

Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini




DOI: https://doi.org/10.20527/jpp.v1i1.2483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

 

 

Web Analytics

Flag Counter