PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

maulidiati maulidiati

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan validitas modul IPA berbasis literasi sains pada materi sistem pernapasan manusia, (2)  mendeskripsikan validitas tes hasil belajar berbasis literasi sains pada materi sistem pernapasan manusia. Pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terbatas pada tahap define, design, develop, dan tidak sampai tahap uji coba pengembangan dan disseminate dengan beberapa kendala serta penyesuian berdasarkan kebutuhan pengembangan. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Angket validator divalidasi 3 dosen ahli. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan (1) modul IPA berbasis literasi sains materi sistem pernapasan manusia memiliki nilai validitas 0,70 yang tergolong dalam kriteria valid, (2) tes hasil belajar berbasis literasi sains materi sistem pernapasan manusia memiliki nilai validitas 0,74  yang tergolong dalam kriteria valid sehingga layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci: Modul, tes hasil belajar, literasi sains, dan sistem pernapasan manusia


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., & Wisudawati, A. W. (2017). Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains: menilai pemahaman fenomena ilmiah mengenai energi. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 112-121.

Aiken, L. D. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and psychological measurement.

Akbar. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Yogyakarta: Cipta media.

Belawati, T. (2007). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Delfita, R., Haviz, M., Nurhasnah, & Ulva, K. R. (2018). Pengembangan modul sistem pencernaan makanan berbasis literasi sains kelas VIII MTsN Padang Japan. Natural Science Journal, 4(1), 480-491.

Depdiknas. (2008). Kurikulum tingkat satuan pendidikan . Jakarta: Pusat Perbukuan.Fitri, T. Y., Hasanuddin, H., & Abdullah, A. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di SMPN 1 Indrapuri. Jurnal EdoBio Tropika, 5(2), 54-106.

Hapsari, D. D., Lisdiana, & Sukaesih, S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan modul daur ulang limbah pada literasi sains. Journal of Biology Education, 5(3), 302-309.

Odegaard, M., Haugb, B., Morkc, S., & Sorviks, G. O. (2015). Budding science and literacy a classroom video study of the challenge and support in an integrated inquiry and literacy teaching model. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 274 – 278.

OECD. (2016). Assesing scientific, reading, and mathematical literacy for PISA 2015. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA. Insights and Interpretations.

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya literasi sains pada pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(1), 24-29.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif . Yogyakarta: Diva press.

Renat, S. E., Novriyanti, E., & Armen. (2017). Pengembangan modul dilengkapi peta konsep dan gambar pada materi keanekaragaman makhluk hidup untuk siswa kelas VII SMP. Bioeducation Journal, 1(1), 95-108.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitattif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sari, D. N., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan literasi sains siswa . Pancasakti Science Education Journal, 114-124.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Intructional development fortraining teacher of exceptional children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Wijayanti, T. F., Prayitno, B. A., & Sunarto, S. (2016). Pengembangan modul berbasis berpikir krits disertai argument mapping pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Inkuiri, 5(1), 105-111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.