PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN BERBASIS STEM-INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS

lulu mansturoh

Abstract


Perkembangan pendidikan abad 21 menuntut peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasi sains yang ditujukan untuk menghadapi persaingan sumber daya manusia, mengingat sumber daya manusia di indonesia masih tergolong rendah maka perlu adanya inovasi pendidikan. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar struktur dan fungsi tumbuhan berbasis STEM-inkuiri untuk meningkatkan literasi sains. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan bahan ajar struktur dan fungsi tumbuhan berbasis STEM-inkuiri untuk meningkatkan literasi sains. Penelitian ini menggunakan alur desain formatif evaluation Tessmer tahun 1993. Pengumpulan data melalui angket validasi yang dilakukan oleh 3 orang ahli dan dianalisis menggunakan formula Aiken’V dan formula Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 26. Kelayakan bahan ajar ini dilihat dari hasil expert review modul sebesar 0,91 dalam kategori “Sangat Tinggi”, dan reliabilitas sebesar 0,94 dalam kategori “Sangat Tinggi”. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar struktur dan fungsi tumbuhan berbasis STEM-inkuiri telah memenuhi kriteria valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan.

 

Kata kunci: bahan ajar, inkuiri, literasi, STEM


Full Text:

PDF

References


Aiken, L. (1985). Three confficients foe analyzing the reliability, and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, hal. 131-142.

Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Akpan, V. I., Okoli, A. C., Okpara, M., & Federal. (2017). Effect of the use of instructional materials on academic performance of pupils in ikwuano abia state. International Journal of Trend in Research and Development, 4(1), 247-250.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve studens' digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA, 7(4), 442-450.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borich, G. (2003). Observations sklills for effective teaching. New Jersey: Pearson Education Ltd.

Cristina, A., Rusilowati, A., & Sunarno. (2016). Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis literasi sains bertema aplikasi konsep energi dalam kehidupan. Unnes Physics Education Journal, 5(1), 35-41.

Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 190-201.

Jauhariyyah, F., Suwono, H., & Ibrohim. (2017). Science, technology, engineering, and mathematics project based learning (STEM-PjBL) pada pembelajaran sains. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, hal. 432-436.

Lyimo, N., & Too, J. (2017). Perception of teachers on availability of instructional materials and physical facilities in secondary shools of Arusha District, Tanzania. International Journal of Educational Policy Research and Review, 4(5), 103-112.

Malik, A., Oktaviani, V., & Handayani, W. (2017). Penerapan model process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 127-136.

Masnah, Syahmani, & Kusasi, M. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model inkuiri berbantuan schoology untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan metakognisi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Journal of Chemistry and Education, 1(3), 225-236.

Mulis, I., Martin, O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 international results in mathematics. Lynch School of Education, Boston College: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan buku siswa materi jarak pada ruang dimensi tiga berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) problem-based learning di kelas X. Jurnal Elemen, 3(1), 1-14.

OECD. (2016). PISA 2015 results in focus. New York: Columbia University.

OECD. (2019). PISA 2018 results combined executive summaries volume I, II, & III. PISA Program for International Student Assessment.

Olayinka, A. (2016). Effects of instructional materials on secondary schools students’ academic archievement in social studies in Ekiti State, Nigeria. World Journal of Education, 6(1), 32-39.

Permanasari, A. (2016). STEM education : inovasi dalam pembelajaran sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) (hal. 23-34). Bandung: UPI.

Prasetya, C., Gani, A., & Sulastri. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 34-41.

Praswoto, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rosidi, I. (2017). Uji kelayakan perangkat pembelajaran pengelolaan limbah dengan pendekatan TASC (thingking actively in a social context). Science Education Journal, 1(1), 7-18.

Rusyati, Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Rekontruksi bahan ajar berbasis STEM untuk meningkatkan literasi sains dan teknologi siswa pada konsep kemagnetan. Journal of Science Education an Practice, 2(2), 10-22.

Sari, B., Jufri, W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 219-277.

Susetyadi, A., Permanasari, A., & Riandi, R. (2018). Analyzing concept for developing STEM-based integrated science teaching materials theme “blood”. International Conference of Primary Education Research Pivotal Literature and Research UNNES 2018 (hal. 11-14). Bandung: Atlantis Press.

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. London: Kogan.

Wening, C.J. (2004). Levels of inquiry: hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. Journal of Physics Teacher Education Online, 2(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.