BAHAN AJAR IPA SMP BERBASIS LITERASI SAINS DAN KEARIFAN LOKAL LAHAN BASAH PADA MATERI TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar modul IPA SMP berbasis literasi sains dan kearifan lokal lahan basah pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan model evaluasi formatif Tessmer. Subjek dalam penelitian ini adalah para ahli yang terdiri akademisi dan praktisi. Hasil validasi modul yaitu terdiri dari aspek format, bahasa yang digunakan, isi, penyajian serta manfaat/kegunaan materi ajar oleh dosen ahli diperoleh hasil sebesar 82,83% dengan kriteria valid dengan sedikit revisi. Persentase reliabilitas diperoleh hasil sebesar 67,00 dengan kriteria cukup reliabel. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu terdiri dari aspek format, isi dan bahasa oleh dosen ahli diperoleh hasil sebesar 88,04% dengan kriteria valid tanpa revisi. Persentase reliabilitas diperoleh hasil sebesar 86,00 dengan kriteria sangat reliabel. Hasil validasi tes hasil belajar yaitu dari aspek konstruksi umum dan butir soal oleh dosen ahli diperoleh hasil 85,71% dengan kriteria valid dengan sedikit revisi. Persentase reliabilitas diperoleh hasil sebesar 86,00 dengan kriteria sangat reliabel. Hasil validasi angket respon yaitu terdiri dari format, isi, konstruksi dan bahasa oleh dosen ahli diperoleh hasil sebesar 89,58% dengan kriteria valid tanpa revisi. Persentase reliabilitas diperoleh hasil sebesar 86,00 dengan kriteria sangat reliabel.
Kata kunci: pengembangan; modul; literasi; kearifan lokal
Full Text:
PDFReferences
Alfian, M. (2013). Potensi kearifan lokal dalam pembentukan jati diri dan karakter bangsa. Prosiding The 5 thn ICSSIS; "Ethnicity and Globalization". Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.
Ambaryani, G. S. A. (2017). Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19-28.
Anisah, A., Wati, M., & Mahardika, A. I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran getaran dan gelombang dengan model inkuiri terstruktur untuk siswa kelas VIIIA SMPN 31 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1-12.
Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F. & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve students' digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 442-450.
Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dion, P. & Nautiyal, C.S. (2008). Microbiology of Extreme Soils. Soil Biology 13. Springer-Verlag Heidelberg. Berlin.
Fitriani, N. H. (2017). Penyusunan bahan ajar fisika SMP berorientasi keseimbangan literasi sains pada tema pencemaran lingkungan. Skripsi. Universitas Indonesia.
Gardener-Neblett, N., & Iruka, I.U. (2015). Oral narrative skills: explaining the language - emergent literacy link by race/ ethnicity and SES. Developmental psychology, 51(7), 889-904.
Hayati, N., Asrizal, Kamus, Z. & Afrizon, R. (2019). Dampak buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif pada hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Pillar of Physics Education, 12(1), 185-192.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan e-modul IPA berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa. Journal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91-103.
Martawijaya, M. A. & Hasyim, M. (1991). Pengembangan buku fisika peserta didik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi sains peerta didik sekolah menengah atas. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Univertas Negeri Makassar. Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.
Nafsih, N. Z., Afrizon, R., & Asrizal. (2019). Hasil validasi bahan ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema peran energy bagi makhluk hidup untu siswa SMP kelas VII. Pillar of Physics Education, 12(2), 105-112.
Nastiti, D., Rahardjo, S. B., Elfi, S.V.H., & Perdana, R. (2018). The need analysis of module development based on search, solve, create, and share to increase generic science skills in chemistry. Indonesian Science Education Journal, 7 (4), 428-434.
Naturasari, H., Roshayanti, F. & Nurwahyunani, A. (2016). Profil kualitas literasi sains siswa SMP se-kabupaten Pati. Bioma, 5(2), 45-57.
Neumann, D. M. & David, L. N. (2018). Validation of a touch screen tablet assessment of early literacy skill and a comparison with a traditional paper-based assessment. International Journal of Research & Method in Education, 10, 43-88.
Noor, M., Zainuddin & Miriam, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA fisika melalui model pengajaran langsung denhan metode problem solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 328-339.
Nuhfer, E.B., Cogan, C.B., Kloock, C., Wood, G., Goodman, A., Delgado, N.Z., & Wheeler, C.W. (2016). Using a concept inventory to assess the reasoning component of citizen-level science literacy: results from a 1 00,000 students study. Journal of Microbiology & Biology Education, 17, 143-155.
Nur'aini, Danial, M. & Sugiarti. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis guided inquiry. Chemistry Education Review, 3(2), 125-137.
Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis aspek literasi sains pada buku teks pelajaran IPA kelas V SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56-66.
OECD. (2013). Programme for international student assessment (PISA) result from PISA 2013. New York: Columbia University.
OECD. (2015). Programme for international student assessment (PISA) result from PISA 2015. New York: Columbia University.
OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. New York: Columbia University.
OECD. (2018). Programme for international student assessment (PISA) result from PISA 2018. New York: Columbia University.
Plomp, T. & Nieveen, N. (2013). An introduction to educational design research. Enschede: SLO, Netherlands Institute for Curriculum Development.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif jilid 2. Yogyakarta: Diva Press.
Pratiwi, S. N., Cari, C. & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1). 34-42.
Rahmawati, A. R., Sarwi, & Darsono, T. (2019). Penyusunan bahan ajar IPA fisika sebagai upaya peningkatan literasi sains peserta didik pada tema bunyi. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 193-207.
Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2016). Analisis kemampuan awal literasi sains siswa SMA kota Malang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016. Pendidikan Biologi Pascasarjana, UNM.
Sari, B.S.K., Jufri, A.W. & Santoso, D. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 219-227.
Sari, D. P., Asrizal, Gusnedi, & Mufit, F. (2019). Studi komparasi hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema pemanfaatan tekanan kelas VIII SMPN 31 Padang. Jurnal Pillar of Physics Education, 12(3), 425-432.
Sari, Desi N. A., Rosilowati, A. & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan literasi sains siswa. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 114-124.
Suggate, S., Schaughency, E., Mcanally, H., & Reese, E. (2018). From infancy to adolescence: The longitudinal links between vocabulary, early literacy skills, oral narrative, and reading comprehension. Cognitive Development, 47, 82-95.
Tayob, F., & Moonsamy, S. (2018). Caregivers reading practices to promote literacy in a south african children's home: experience and perception. South African Communications Journal Ders, 65(1), 559.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page.
Turner, J.T. (2014). Application of the test of scienctific literacy skill in the Assessments of the general education of the natural sciences program. Journal of Public Education, 63, 1-14.
Wibowo, A. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
World Economic Forum (2015). New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology. Geneva Switzerland: Industry Agenda.
Refbacks
- There are currently no refbacks.