IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH PENGUASAAN KONSEP DAN KEBERLANJUTAN PENGUASAAN KONSEP DI KELAS VII SMP NEGERI 14 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian terkait penerapan model learning cycle 3E terhadap keberlanjutan penguasaan konsep peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan bertujuan: (1) mengetahui perbedaan keberlanjutan penguasaan konsep antara kelas eksperimen dengan model learning cycle 3E dan kelas kontrol dengan model ekspositori; (2) mendeskripsikan hasil implementasi model learning cycle 3E yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keberlanjutan penguasaan konsep pada peserta didik di kelas VII SMP Negeri 14 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan pre-post test control group design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling menghasilkan 24 orang peserta didik kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan 27 orang peserta didik kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan teknik uji analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji N-Gain dan uji hipotesis statistik (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan terhadap keberlanjutan penguasaan konsep pada peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) peserta didik di kelas eksperimen dengan model learning cycle 3E memiliki keberlanjutan penguasaan konsep yang lebih tinggi daripada peserta didik di kelas kontrol dengan model ekspositori.
Kata kunci: Penguasaan konsep, keberlanjutan penguasaan konsep, model learning cycle 3E , model eskpositori.
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W. & Krathowl, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom Terjemahan. (A. Prihantoro, Penyunt.) Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.
Jatmiko, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Pembelajaran IPA. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 8(1), 53-65.
Kulsum, U., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1(2), 128-133.
Latif, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik SMA (Skripsi). Bandung: Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia.
Lisma, Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan Dan Menyimpulkan Pada Materi Kalor Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2), 35–37.
Lubis, A. R. (2010). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa Pada Pelajaran Biologi Di SMP Swasta Muhamadiah Serbelawan. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(3), 186-206.
Nurhayati, D.N., Mulyani, S., Aisyah, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Macromedia Flash Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas VIII SMPN 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimis (JPK), 2(2), 56-65.
Nurridho. (2011). Model Pembelajaran Langsung. 27-07-2011 15:49:51.
Tan, O.S. (2004). Enchanching Thinking Problem Based Learning Appoached. Singapura: Thomson.
Refbacks
- There are currently no refbacks.