EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA SISTEM TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 4 ALALAK BATOLA

Nana Melisa

Abstract


Aspek jalan bimbingan, nampaknya belum banyak pendidik yang menciptakan kondisi dan situasi yang memungkinkan anak didik untuk melakukan jalan berpikir kritis. Hal tersebut juga sesuai dengan hasil observasi dan diskusi dengan pendidik Biologi yang mengajar di kelas VII SMPN 4 Alalak Batola, diketahui bahwa pendidik masih menggunakan teknik bimbingan langsung dengan metode ceramah dan tanya jawab. Selama ini pendidik kurang memberdayakan aktivitas dan hasil belajar secara optimal khususnya pada bidang sistem tata surya. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui apakah teknik inkuiri efektif terhadap  hasil belajar siswa yang digunakan pada bidang Sistem Tata Surya di SMPN 4 Alalak Batola. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest) serta dilakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa selama bimbingan berlangsung. Teknik analisis yang digunakan yakni pertama, uji t berpasangan untuk mengetahui perbedaan pretest dan postest masing-masing kelas. Kedua, Uji t tidak berpasangan untuk mengetahui perbedaan postest kedua kelas. Ketiga, uji korelasi dan regresi untuk mengetahui hubungan tehnik bimbingan inkuiri dengan keterampilan literasi informasi siswa. Adapun hasil pemanfaatan teknik bimbingan Inkuiri Terbimbing (guide inquiry) ini dapat dilihat pada analisis hipotesis yaitu Thitung lebih besar dibandingkan Ttabel yaitu 4,67 ≥ 2,04, artinya Ha ditolak dan Ha diterima. Sehingga, data dikatakan signifikan dan terbukti pemanfaatan teknik bimbingan Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) mampu meningkatan hasil belajar anak didik

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Silabus 2013. Jakarta: Website Pemerintah.net. Sudjana, N dan Rivai A. 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Sugiyono. Dr. Prof. 2017. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Widodo W dan Fida. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.