ANALISIS TRAVEL COST DAN MANFAAT TAMAN HUTAN HUJAN TROPIS INDONESIA (TH2TI) BAGI MASYARAKAT

Muhammad Arif Rahman, Abdi Fithria, Khairun Nisa

Abstract


This study aims to analyze the economic value of the Indonesian Tropical Rain Forest Park TH2TI using the Travel Cost Method and to find out the economicand social benefits for the surrounding community. This research was conducted in Banjarbaru City, South Kalimantan for 2 months. The resultsof the study indicate that the costof traveling at the TH2TI location is influenced by the distance of each end as well as the means of transportation and consumption of visitors. The data above is for the location of the closest visitor position, namely Banjarbaru with an estimated distance of 7 km with an average expenditure per person of Rp. 29,000, Martapura/ Banjar a distance of 10 km the average expenditure is Rp. 30.000, Tanah Laut a distance of 55 km with an average expenditure of Rp. 70,000 and the furthest is a new city with a distance of 300 km with an average expenditure of Rp. 400,000. The influence of the presence of TH2TI on the socio-economic conditions of the community is as follows, providing employment Opportunities for the community around MH2T are business opportunities both as traders and in the service sector. In tourism in Cempaka Village, namely Ungu Lake, the development strategy for Purple Lake from the results of the analysis of internal and external factors for Purple Lake, namely 1.95 and 1.75, which is in quadrant II, this position shows solid but faces great difficulties. The Purple Lake site design uses a tourism concept that provides a variety of tours in one tourist location

Penelitaian ini dimaksudkanr untuk menganalisis nilai ekonomi Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia TH2TI dengan metode Travel Cost Method serta mengetahui manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini dilakukan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Selam 2 bulan. Hasil penelitian menujukan bahwa biaya di dalam perjalan pada lokasi TH2TI, di pengaruhi oleh jarak masing masing pengujung serta alat transportasi dan konsumsi pengunjung. Data diatas untuk lokasi kedudukan pengunjung paling terdekat yaitu Banjarbaru dengan jarak estimasi 7 km dengan rata-rata pengeluaran per orang Rp. 29.000, Martapura/ Banjar jarak 10 km rata-rata pengeluaran Rp. 30.000, Tanah laut jarak 55 km rata-rata pengeluaran Rp.70.000 dan yang paling terjauh yaitu kota baru dengan jarak 300 km rata-rata pengeluaran Rp. 400.000.  Pengaruh kehadiran TH2TI terhadap sosial ekonomi masyarakat, tersedianya lapangan pekerjaan berpeluang bagi masyarakat. TH2TI adalah peluang usaha baik sebagai pedagang maupun bidang jasa. didalam wisata yang terdapat di Kelurahan Cempaka yaitu Danau Ungu, Strategi pengembangan untuk Danau Ungu dari hasil analisis faktor internal dan eksternal Danau Ungu yaitu 1,95 dan 1,75 yang Berada di kuadran II posisi ini menunjukkan solid namun menghadapi kesulitan besar. Desain tapak Danau Ungu menggunakan konsep wisata yang memberikan beragam wisata di dalam satu lokasi wisata.


Keywords


Analisis; Travel cost; TH2TI

Full Text:

PDF

References


Ardiananda. 2008. Forest Ecology. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Davis, L.S. &. Jhonson, K.N. 1987. Forest Management. New York: Mc Graw Hill

Mangunjaya, F.M. 2006. Hidup Harmonis dengan Alam: Esai-Esai Pembangunan Lingkungan, Konservasi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Nanggara, S. G., Nainggolan, F. A., & Apriani, I. 2011. Potret Keadaan Hutan Indonesia Periode Tahun 2000-2009. Bogor: Forest Watch Indonesia (FWI).

Patandianan, A.T. 1996. Studi Komposisi dan Struktur Vegetasi Areal HPH PT. Bina Wana Sejahtera, propinsi Sulawesi Utara. Tesis. Jogjakarta: PPs Univ. Gadjah Mada.

Romani, S. 2006. Penilaian Potensi Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam serta Alternatif Perencanaan di Taman Nasional Bukit Dua Belas Provinsi Jambi.Skripsi. Bogor: IPB.

Sulistiyono, N. 2008. Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Sebagai Kawasan Ekotourisme. Medan: Depatemen Kehutanan Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Yoeti, 1980. Pemasaran Pariwisata. Bandung: Penerbit Angkasa.

Yunu, A. M. 1999. Peranan Kegiatan Pariwisata Terhadap Peningkatan Pendapatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Zaenuddin. 2008. Pengantar Ekolologi. Bandung: Penerbit Remadja Karya




DOI: https://doi.org/10.20527/jss.v5i6.7144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Jurnal Sylva Scienteae is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.