HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN KEJENUHAN BELAJAR PADA SANTRI ALIYAH PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTRA BANJARBARU

Deni Rahmat Kurniawan, Sukma Noor Akbar, Rusdi Rusli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan anatar interaksi teman sebaya dengan kejenuhan belajar pada santri aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra Banjarbaru. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan proportionate stratified random sampling, yaitu subjek santri aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra sebanyak 168 santri yang terdiri dari kelas X dan XI. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Person dan metode pengumpulan data menggunakan skala interaksi teman sebaya dan skala kejenuhan belajar. Hasil penelitian menunjukan hubungan antara kejenuhan pada santri aliyah Pondok Pesantren al Falah Putra Banjarbaru memiliki korelasi -0,552 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan yang kuat dan negatif antara kedua variabel, artinya semakin rendah interaksi teman sebaya maka akan semakin tinggi kejenuhan belajar, sebaliknya jika semakin tinggi interaksi teman sebaya maka akan semakin rendah kejenuhan belajar. Hubungan interaksi teman sebaya dengan kejenuhan belajar adalah sebesar 30,5 % sedangkan 69,5% sisanya adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Saran penelitian ini adalah perlunya adanya pemahaman dan menilai diri dalam sikap belajar dari santri aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra Banjarbaru agar menjalin interaksi dengan teman sebaya yang positif agar mampu mengurangi kejenuhan belajar.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati,N,A. (2016). Kejenuhan belajar dan mengatasinya studi komparasi pembelajaran agama islam pada pondok pesantren an-nuur, al- hikmah dan al- hidid di kecamatan karangmojo kabupaten gunung kidul diy. Jurnal Pendidikan Islam. ISBN: 978-602 1956

Diakses pada tanggal, 31 Oktober 2017. http://pascasarjana.umy.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/81-Nunung- Agustina-Ambarwati.pdf

Beltrán, C. A., Moreno, M. P., Estrada, J. G. S., López, T. M. T., & Rodríguez, M. G. A. (2009). Social support, burnout syndrome and occupational exhaustion among Mexican traffic police agents. The spanish journal of psychology, 12(2), 585-592.Diakses pada tanggal 31 Oktober 2017. https://www.cambridge.org/core/journals/span ish-journal-of psychology/article/social- support-burnout-syndrome-and-occupational- exhaustion-among-mexican-traffic-police- agents/710EA00412ED3A8C4B2DC1CFE2D 6901C

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung.

PT. Remaja Rosdakarya

Jumiyanti, J., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2015). Hubungan interaksi teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa smp. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(3). Diakses pada tanggal 29 Oktober 2017. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/a rticle/view/11029

Harvey, J. (2012). Young Men In Prison Surviving And Adapting To Life Inside. New York. ISBN-13: 978-90324-098-4.

Karimi, Y., Bashirpur, M., Khabbaz, M., & Hedayati, A. A. (2014). Comparison between perfectionism and social support dimensions and academic burnout in students. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 159, 57-63. Diakses pada tanggal 30 Mei 2018 https://ac.els-cdn.com/S1877042814064581/1- s2.0-S1877042814064581 main.pdf?_tid=74289027-72de-404c-b8c6 38ba1c0c19da&acdnat=1528039209_2dae6ca 9d26b3d549b5fd669b85d36b2

Kemenristek Dikti. Undang-undang Republik Indonesia tahun 2010. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2017. kelembagaan. ristekdikti.go.id/wpcontent/uplo ads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Khairat, U., Maputra, Y., & Rahmi, F. (2017). Pengaruh prokrastinasi akademik terhadap perilaku menyontek pada siswi sma di pesantren x. Jurnal RAP, 5(2), 192-203. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2017

ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/ download/6634/5193

Ma’arif,S.(2008). Pesantren vs kapitalisme sekolah. Semarang;Need’s Press

Mutiara,A,R., Yumansyah.,& Mayasari,S. (2018). Hubungan interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar. Jurnal Bimbingan Konseling, 6 (01).

Diakses pada tanggal 18 Januari 2018. jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/ view/14848

Priyatno, D. (2010). Paham Analisis Statistik Data Dengan Spss. Yogyakarta: Media Kom

Putro,K,Z. (2015). Pengaruh pola asuh dan interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional anak di ra arif rahman hakim yogyakarta. Jurnal pendidikan anak. 1(2). Diakses pada tanggal 15 November 2017 http://ejournal.uin- suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1091

Santrock, J.W. (2003). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2007). Adolescence : Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Schaufeli,W,B., Martinez,I,M., & Pinto,A,M. (2002). Burnout and engagement in university students:a cross national study. Journal of cross cultural psychology. Washington University,33(5). Diakses pada tanggal 30 Oktober 2017 https://www.isonderhouden.nl/doc/pdf/arnoldb akker/articles/articles_arnold_bakker_78.pdf.

Soliemanifar,O., Shaabani,F. (2013). The relationship between of personality traits and academic burnout in postgraduate students. Journal of life sciense and biomedicine. Shahid Chamran University. 3(1):60-63.

Diakses pada tanggal 30 Mei 2018 http://jlsb.science- line.com/attachments/article/22/J.%20Life%2 0Sci.%20Biomed.%203(3)%20233-

,%202013.pdf

Sulastri,A. (2017). Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan media gambar berseri di kelas iv sd negeri 01 daya asri kabupaten tulang bawang barat. Jurnal Riset Pedagogik. 1(1).

Diakses pada tanggal 15 November https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/13050

Sutarjo, E. (2014). Efektivitas teori behavioral teknik relaksasi dan brain gym untuk menurunkan burnout belajar pada siswa kelas vii smp laboraturium undiksha singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1). Diakses pada tanggal 21 November 2017 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK

/article/download/3740/2995

Tanszhil, S,W. (2014). Model pembinaan pendidikan karakter pada lingkungan pondok pesantren dalam membangun kemandirian dan disiplin santri. Jurnal Nasional, 1(2), 1-17. Diakses pada tanggal 20 November 2017 http://jurnal.upi.edu/file/Sri_Wahyuni.pdf

Wijaya, T. (2014). Analisis interaksi sosial kooperasi teman sebaya dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pemebelajara sosiologi di kelas xi ips 1. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(7).

Diakses pada tanggal 27 November 2017 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/articl e/view/6468




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Deni Rahmat Kurniawan, Sukma Noor Akbar, Rusdi Rusli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.