Hubungan antara Persepsi terhadap Selera Humor Guru Matematika dengan Minat Belajar Matematika pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Martapura

Muliana Muliana, Marina Dwi Mayangsari, Meydisa Utami Tanau

Abstract


Kecenderungan yang tinggi atau ketertarikan seseorang dalam belajar matematika dapat dipengaruhi oleh interaksi guru dengan peserta didik melalui selera humor guru dimana membuka komunikasi yang dapat membuat peserta didik tidak merasa ketakutan atau intimidasi sehingga dapat membangun komunikasi yang positif dan dengan persepsi yang positif dapat membuat minat belajar terhadap matematika menjadi lebih baik dan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap selera humor guru dengan minat belajar matematika peserta didik di SMP Negeri 2 Martapura. Penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Peneliti meggunakan subjek sejumlah 164 peserta didik. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment Karl Pearson.  Hasil penelitian menujukkan adanya hubungan positif (searah) dan signifikan antara persepsi terhadap selera humor guru dengan minat belajar matematika. Hal ini diperoleh dari hasil nilai korelasi r = 0,989 dengan nilai signifikansi atau p = 0,000 (p < 0,05). Dimana nilai r positif menunjukkan korelasi yang searah yang berarti semakin tinggi persepsi terhadap selera humor guru maka akan semakin tinggi minat belajar matematika, sebaliknya semakin rendah persepsi terhadap selera humor guru maka akan semakin rendah minat belajar matematika peserta didik


Full Text:

PDF

References


Coren,SS.,WWard, L. M, & Enns,mJ. T. (2003). SensationmandmPerception. 6th Edition. New York: Wiley.

Rahayu, E., Hadriami, E. (2015) StresddanSSense of Humorppada GuruSSLB C.pPsikodimensia. Vol. 14/2. Hlm 41-54. Retrieved from file:///C://Users/Acer/Downloadss/899-2073-1-SM%20(2),.pdf

Hafzah. (2014). Hubungan SenseOOf Humor Guru dalam Mengajar di Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri Sangatta Utara. Retrieved from eJournal Psikologi. 2014. 2 (1). http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/03/Jurnal%20%2803-05-14-06-05-32%29.pdf

Najichun,MM., &&Winarso,MW. (2016). Hubungan Persepsi Siswa tentang Guru Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Psikologi. Vol.15. No. 2. https://doi.org/10.147910/jpu.15.2.143-150. Retrieved from https://ejournal.undip.ac..id/index.php/psikologi/article/view/113453.

Patahuddin,NS.MM & Rokhim, A. F. (2009). Website permainan matematika online untuk belajar matematika secara menyenangkan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 103-111.

Prawitasari, J, E. (2012). Psikologi Terapan. Yogyakarta : Javalitera.

Silviania, T,R.,, Jailani., Lusyana,. E., & Hadi, A,,R. (2017). Upaya Meningkatkan Minta Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation: Semarang State University. DOI: http://dx.doi.org/10.157294/kreano.v8i2.8404. Retrieved from file:///C:/Useers/Acer/Downloaads/8404-29502-1-PB%20(1)..pdf.

Slameto. (2013). BelajarndanFFaktor-Faktornyang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan pengembangan. Bandung:pAlfabeta.

Syah, M. (2017) . PsikologiBBelajar.nJakarta :PPT . Raja Grafindo persada.

Djamarah,SS, B. (2015). PsikologiBBelajar. Jakarta : Rinekaa Cipta.

Darmansyah, S.T. (2011).SStrategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta :Bumi Aksara.

Priyatno,DD.M (2010). Paham Analisa StatistikData Dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom.

Purwati,E., & Akmaliyah,M. (2016). Hubungan antara self efficacy dengan flow akademik pada siswa akselerasi SMPN 1 Sidoarjo. Psympathic, jurnal ilmiah Psikologi. 3 (2), 249-260




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i1.1439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 muliana ana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.