Perbedaan Flow Akademik antara Kategorisasi Intelegensi dengan Lingkungan Sekolah pada Daerah Lahan Gambut dan Daerah Perkotaan

Cindy Setiarini, Marina Dwi Mayangsari, Rika Vira Zwagery

Abstract


Flow akademik siswa dapat dipengaruhi berbagai macam hal seperti tingkat intelegensi dan lingkungan tempat belajar siswa. Lingkungan sekolah yang berbeda seperti lahan gambut dan perkotaan bisa saja menyebabkan perbedaan intelegensi terhadap flow akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat interaksi antara lahan gambut dan lingkungan sekolah kota dengan kecerdasan dalam aliran akademik, melihat perbedaan dalam aliran akademik berdasarkan lingkungan sekolah dan melihat perbedaan dalam aliran akademik berdasarkan kecerdasan. Subjek penelitian ini adalah 120 siswa dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala Likert dengan empat opsi respons yang terdiri dari skala aliran akademik dan tes kecerdasan SPM. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANOVA dua arah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor interaksi antara kecerdasan dan aliran akademik memiliki nilai signifikansi 0,107 lebih tinggi dari nilai signifikansi (α = 0,05). Nilai interaksi ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dan interaksi yang signifikan antara kedua variabel dengan aliran akademik sedangkan tingkat signifikansi aliran akademik di semua sekolah 0,045 lebih rendah dari nilai signifikansi (α =0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan akademik aliran berdasarkan sekolah di bidang yang berbeda, dan nilai signifikansi kecerdasan adalah 0,009 lebih rendah dari nilai signifikansi (α = 0,05) yang menunjukkan perbedaan aliran akademik berdasarkan kecerdasan siswa.

Full Text:

PDF

References


Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).

Arif, K. (2013). Hubungan antara motivasi berprestasi dan flow akademik. Calyptra. Jurnal Pendidikan 1- 12.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badriana, B. (2016). Strategi Pendidik Menghadapi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Kelas III MI Nasrul Haq Makassar (Doctoral dissertation, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Csikzentmihalyi, M. (2014). Application of flow in human development and education. New York London: Springer Dordrecht Heidelberg. [Adobe Digital Edition] Doi: 10.1007/978-94-017-9094-9.

Dewi, S. (2017). The Effect Of Student’s Metacognition Ability To Their Reasoning By Using Realistic Mathematical Education Approach At Secondary School Of Unggul Sakti Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3), 171-176.

Fitra, A. M., & Yuliani, F. (2014). Pelaksanaan Koordinasi Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hilir dalam Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(2), 1-8.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Hamari, J., Shernoff, D. J., Rowe, E., Coller, B., Asbell-Clarke, J., & Edwards, T. (2016). Challenging games help students learn: An empirical study on engagement, flow and immersion in game-based learning. Computers in Human Behavior, Psychology Journal 54, 170-179.

Hawadi, Martono (2015). Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Pendidikan, 12 (1).

Hudianoor, W. B. (2016). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. 16 (2), 166, 178.

Hung, C. Y., Sun, J. C. Y., & Yu, P. T. (2015). The benefits of a challenge: student motivation and flow experience in tablet-PC-game-based learning. Interactive Learning Environments Journal, 23(2), 172-190.

Kurniawati, F. E. (2010). Perkembangan Struktur Ruang Kota Semarang Periode 1960-2007 (Studi Pengembangan Struktur Ruang Dari Masa Pasca Kolonial Sampai 2007) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Lee, E. (2005). The relationship of motivation and flow experience to academic procrastination in university students. The Journal of Genetic Psychology, 166(1), 5-15. Doi: 10.1087/567-38-010-9083-2.9

Lisnawati, Y., Suprijo, H., Poedjirahajoe, E., & Musyafa, M. (2014). Hubungan Kedekatan Ekologis Antara Fauna Tanah Dengan Karakteristik Tanah Gambut Yang Didrainase Untuk Hti Acacia Crassicarpa (Ecological Proximity Relationship Between Soil Fauna and the Characteristics of Drained Peatland for Industrial Plantation). Jurnal Manusia dan Lingkungan, 21(2), 170-178.

Mayangsari, M. D., Rachmah, D. N., & Yuserina, F. (2017) The relationship Between Social Self-Efficacy and Academic Flow. Proceeding International Seminar.

Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Purwati, E., & Akmaliyah, M. (2016). Hubungan antara Self Efficacy dengan Flow Akademik pada Siswa Akselerasi SMPN 1 Sidoarjo. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 249-260.

Samosir, R. (2009). Identifikasi Fungsi Dekomposer Jaringan Kayu Mati Yang Berasal Dari Tegakan Di Lahan Gambut. Jurnal Lingkungan. 3(1).

Saputra, B. (2016). Analisis unsur hara mikro tanah gambut setelah setahun kebakaran pada hutan konservasi di kecamatan kerumutan kabupaten pelalawan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Septiana, L. (2015). Begini Kondisi Banjarmasin Saat Kabut Asap Menipis Sore Ini. Diperoleh 10 Februari 2019, dari https://news.detik.com/berita/d-3053691/begini-kondisi-banjarmasin-saat-kabut-asap-menipis-sore-ini/

Septianingrum, R. S. (2018). Dampak Kebakaran Hutan di Indonesia Tahun 2015 dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Lingkungan Hidup Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharini, E. (2007). Menemukenali agihan permukiman kumuh di perkotaan melalui interpretasi citra penginderaan jauh. Jurnal Geografi, 4(2).

Wahyuningsih, S., & Djazari, M. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1Srandakan. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).

Widyati, E. (2011). Kajian optimasi pengelolaan lahan gambut dan isu perubahan iklim. Jurnal Tekno Hutan Tanaman, 4(2), 57-68.

Wijaya, A., & Sutama, M. P. (2018). Kontribusi Penggunaan Media Sosial, Lingkungan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i1.1451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 cindy setiarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.