PERANAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP ACADEMIC FLOW PADA SISWA JURUSAN MIPA SMA NEGERI 1 MARTAPURA

Meilisa Meilisa, Marina Dwi Mayangsari, Dwi Nur Rachmah

Abstract


Salah satu modal penting yang harus dimiliki siswa agar dapat mengikuti proses pembelajaran secara efektif sehingga mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar adalah dengan academic flow yaitu kondisi dimana individu merasa nyaman, dapat berkonsentrasi, memiliki motivasi, serta mampu menikmati aktivitas akademik yang sedang dijalani. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui peranan pengelolaan kelas terhadap academic flow pada siswa jurusan MIPA SMA Negeri 1 Martapura. Subjek penelitian berjumlah 131 orang siswa kelas XI jurusan MIPA dengan pengambilan sampel berupa teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala pengelolaan kelas dan skala academic flow. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat peranan positif pengelolaan kelas terhadap academic flow pada siswa SMA jurusan MIPA. Adapun sumbangan pengelolaan kelas terhadap academic flow pada siswa jurusan MIPA sebesar 6,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pengelolaan kelas maka akan semakin tinggi academic flow pada siswa SMA jurusan MIPA.


Full Text:

PDF

References


Bakker, A.B. (2005). Flow Among Music Teachers And Their Students: The Crossover Of Peakexperiences. Journal Of Vocational Behaviour. 26-44. Diakses pada tanggal 5 Januari 2017. Retrieved from https://dspace.library.uu.nl/handle/ 1874/10711.

Chandra, R.I. (2013). Go with the Flow: Dukungan Social dan Flow Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 21, 2-5. Diakses pada

tanggal 5 Januari 2017. Retrieved from http://journal.ubaya.ac.id/index.php

/jimus/article/download/193/168.

Danim, S. & Danim, Y. (2011). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Mutohar, P.M. (2013). Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pebriani, E.V. & Rosiana, D. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Flow Akademik Pada Mahasiswa Psikologi UNISBA. Prosiding Penelitian Sivitas Akademik UNISBA (Sosial & Humaniora). Psikologi, Gelombang 2. ISSN:2460-6448. Retrieved from

http://karyailmiah.unisba.ac.id/i ndex.php/psikologi/article/view File/1240/pdf.

Santrock, J.W. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Winkle, W.S .(1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : P.T. Gramedia.

Yuwanto, L. (2013). The Nature of Flow.

Jakarta: Dwi Putra Pustaka Jaya.

Yuwanto,L., Budiman, A.F., Siadhika,L., & Prasetyo, T.I. Stress Akademik dan Flow Akademik. (2013). In Listyo Yuwanto (Eds). The Nature of Flow (41-48). Jakarta: Dwi Putra Pustaka Jaya.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Meilisa Meilisa, Marina Dwi Mayangsari, Dwi Nur Rachmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.