HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN ONLINE SHOP MELALUI SOSIAL MEDIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Muhammad Renaldy, Rooswita Santia Dewi, Muhammad Syarif Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui ada tidaknya hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif. Populasi pada penelitian ini yaitu Mahasiswa/i Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat berjumlah 170 orang mahasiswa/i. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi meliputi skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif. Hasil uji korelasi product moment dari karl pearson menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif konsumen online shop media sosial pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat. Adapun sumbangan efektif kontrol diri  terhadap perilaku konsumtif diketahui sebesar 34,1% dengan demikian 65,9% lainnya merupakan sumbangan faktor diluar kontrol diri seperti harga diri, konformitas, gaya hidup, dan media elektronik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin rendah kontrol diri maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif.

Full Text:

PDF

References


Astuti, D.E. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Jurnal Psikologi, 1(2). Diakses dari ejournal .psikologi.fsip- unmul.ac.id

Heryani, I. & Herwanto, J. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi. 2(1). Diakses dari http://ejournal.uin-suskasa.ac.id/fpasdpsikologig/view/1555

Khairunnisa. (2014). Dampak Aplikasi Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Berbelanja Online Di Kalangan Siswa - Siswi SMA Negeri 2 Tenggarong. Jurnal Ilmu Komunikasi. 2(4), (220 – 230). Diakses dari ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Perwitasari, C.A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Antropologi. 4(2). Diakses dari

journal.unair.ac.id/antrounairdotnet

Pranoto, W. & Mahardayani I.H. (2010). Perilaku Konsumen Remaja Menggunakan Produk Fashion Bermerek Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi. 1(1). Diakses dari http://eprints.umk.ac.id/69/1/9_-_14.PDF

Schiffman & Kanuk. (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Sipunga, P.N. & Muhammad, A.H. (2014). Kecenderungan Perilaku Konsumtif Remaja Ditinjau Dari Pendapatan Orangtua Pada Siswa- Siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. Jurnal Psikologi. 3(1). Diakses dari http://journalsunnesa.ac/sjus/indexs/sip

Survey The Nielsen Global Survey of Ecommerce. “Penggunaan Telepon Genggam Indonesia Untuk Berbelanja Online Bersama Filipina, Vietnam Dan Thailand; Dan Semua Negara Di Wilayah Asia Tenggara” Diakses dari http://www.nielsen.co/contentsa/dan/nielse nnglobal/apax//report/2014/NielsensGlobalsEco mmercessReportsAugust-2014.pdf diakses pada tanggal 17 September 2016

Tifani. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Membeli Pakaian Diskon Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Palembang. Jurnal Psikologi. 8(2). Diakses dari

http://jurnals.binadarma.ac.id/indexs/jurnalpsyc he/392/165

Triyaningsih. S.L. (2011) . Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 11(2). Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/233 38-ID-dampakmediaonline-melaluifacebook- pada-perilakukonsumtif-dimasyarakat.pdf




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Renaldy, Rooswita Santia Dewi, Muhammad Syarif Hidayatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.