HUBUNGAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN JASA GO JEK BANJARBARU

Nizamuddin Kamil, Rusdi Rusli, Neka Erlyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan jasa go jek Banjarbaru. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan isidental , yaitu subjek pelanggan go jek di daerah Banjarbaru sebanyak 230 subjek . Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Person dan metode pengumpulan data menggunakan skala ini kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukan hubungan kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan pada pelanggan go jek Banjarbaru memiliki korelasi 0,461 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan yang sedang dan positif antara kedua variabel, artinya semakin semakin tinggi kepuasan pelanggan maka akan semakin tinggi loyalitas dan sebaliknya ketika kepuaasn pelanggan rendah maka loyalitas pelanggan rendah. Hubungan kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan adalah sebesar 21,2% sedangkan 78,8% sisanya adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Chulaifi1 & Setyowati2 (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya 3 (1) Retrieved from http://jurnal.untag- sby.ac.id/index.php/jhp17/article/download/ 1249/1051

Cichosz, M., Goldsby, T. J., Knemeyer, A. M., & Taylor, D. F. (2017). Innovation in logistics outsourcing relationship-in the search of customer satisfaction. LogForum, 13(2), 209-219. Retrieved from https://www.infona.pl/resource/bwmeta1.ele ment.baztech-7a461be6-2b47-4104-a5ca- 9ed36257bb6a

Desy,S. ura. S (2018, Februari 7). Astra dan djarum di kabarkan ikut suntik go jek sekitar 3 triliun https://katadata.co.id/berita/2018/02/07/astra

-dan-djarum-dikabarkan ikut-suntik-go-jek- sekitar-rp-3-triliun

Fatimah,K.B.(2017, Desember 18 ) berapa jumlah pengguna go jek dan pengemudi go jek, Retrieved from

http://tekno.kompas.com/read/2017/12/18/07 092867/berapa-jumlah pengguna-dan- pengemudi-go-jek

Griffin, J. (2002) . Costumer Loyalty .Jakarta: Erlangga.

Hussein, A. S., & Hapsari, R. (2015). Customers'perceptions of service quality dimensions in the indonesian banking industry an empirical study. Journal of Indonesian Economy and Business: JIEB., 30(1), 17. Retrieved from https://search.proquest.com/openview/4e19d 329705a0744886867b91ac6d262/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2029354

Keller ( 2009 ). Marketing managemnt. Editon Pdf. doi :210292-6

Khotimah, Pasolo , Fitria dan Wati ( 2018) Kualitas layanan dan pengalaman pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di food point mall jayapura 5 (2) Retrieved from http://www.jurnal.uniyap.ac.id/index.php/future/article/viewFile/408/364

Lia, A. ( 2013) Analisis hubungan kepuasan dengan loyalitas konsumen terhadap sepeda motor yamaha vixion pada bengkel abadi motor kebon jeruk jakarta barat. Jurnal ekonomi 4 (2) Retrieved from

https://www.neliti.com/publications/17897/an alisis-hubungan-kepuasan-dengan-loyalitas- konsumen-terhadap-sepeda-motor-yamaha

Lovelock & Wirtz (2009) Services Marketing People, Teknology, Strategy .( adobe Digital editions version)

Maulana (2016) pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. ToI 7 (2) Retrieved from

https://media.neliti.com/media/publications/ 78663-ID-pengaruh-kualitas-pelayanan-dan- harga-te.pdf

Marina, Darmawati dan Setiawan. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Perusahaan Penerbangan Full Service Airlines1 (2) Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/1131 64/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap- loyalitas-pelanggan-pada-perusahaan- penerba

Nuralaili & Wiayanto (2013) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas Konsumen Tupperware. 2 (1) Retrieved from https://www.google.co.id/search?safe=strict&q=Nurlaili+%26+Wijayanto+(2013)+Anal isis+faktor- faktor+yang+mempengaruhi+loyalitas+Kon sumen+Tupperware.+2+(1&spell=1&sa=X&ved=0ahUKEwjxjoHUhLbdAhUHL48KHbugB3YQBQglKAA&biw=1093&bih=530

Panjaitan, J.E. (2016) Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan pelanggan pada jne cabang bandung .11 (2) Retrieved from http://ojs.uph.edu/index.php/DJM/article/vie w/197

Perdede & Hadi ( 2015) Pengaruh Kualitas Produk, Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok 9 (1) Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/ 233679-pengaruh-kualitas-produk-merek- dan-promo-07f8e69f.pdf

Priyatno, D. (2010). Paham Analisis Statistik Data Dengan Spss. Yogyakarta: Media Kom.

Rahayu & Fathoni (2017) Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitaspelayanan hotel (studi kasus pada hotel gumaya di semarang)

(1) Retrieved from https://translate.google.co.id/translate?hl=en &sl=id&u=https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/download/728/709&prev=se arch

Rahayu, Hussein, dan Aryanti ( 2016 ) Analisis pengaruh citra toko, citra merek produk private label dan nilai yang persepsikan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan giant di kota malang) 2 (1) Retrieved from

https://www.researchgate.net/publication/313445226_Analisis_Pengaruh_Citra_Toko_Citra_Merek_Produk_Private_Label_dan_Nilai_yang_Persepsikan_Terhadap_Loyalitas_Pelanggan_Studi_pada_Pelanggan_Giant_di_Kota_Mal ang

Rifaldi ,Kandaci, & Sulistyawati ( 2016 ) Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta 13 (2) Retrieved from http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/download/819/528

Salma dan Ratnasari ( 2015). Pengaruh kualitas jasa perspektif islam terhadap kepuasan dan loyalitas Pelanggan hotel grand kalimas di sSurabaya 2(4) Retrieved from https://www.google.co.id/search?q=Salma+da n+Ratnasari+(+2015).+Pengaruh+kualitas+jas a+perspektif+islam+terhadap+kepuasan+dan+loyalitas+Pelanggan+hotel+grand+kalimas+di

+sSurabaya&oq=Salma+dan+Ratnasari+(+2015).+Pengaruh+kualitas+jasa+perspektif+islam+terhadap+kepuasan+dan+loyalitas+Pelang gan+hotel+grand+kalimas+di+sSurabaya&aqs

=chrome..69i57.1799j0j9&sourceid=chrome& ie=UTF-8

Santso.S & Oetomo , H.W. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan laboratorium klinik populer surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen 2 (6) Retrieved from https://www.google.co.id/search?q=Pengaruh+kualitas+pelayanan+terhadap+loyalitas+pelanggan+laboratorium+klinik+populer+sur abaya.+Jurnal+Ilmu+%26+Riset+Manajeme n&oq=Pengaruh+kualitas+pelayanan+terhadap+loyalitas+pelanggan+laboratorium+klinik+populer+surabaya.+Jurnal+Ilmu+%26+Riset+Manajemen&aqs=chrome..69i57.596j0j 7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Silaban (2015) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasaanl Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Koperasi Simpan Pinjam Rentha Jaya Purwakarta 11 (1) Retrieved from http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/1706




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i2.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nizamuddin Kamil, Rusdi Rusli, Neka Erlyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.