HUBUNGAN TASK COMMITMENT DENGAN FLOW AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KECERDASAN INTELEKTUAL SUPERIOR DI SMAN 1 MARTAPURA

Dwi Retno Puspita, Rusdi Rusli, Marina Dwi Mayangsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan task commitment dengan flow akademik pada peserta didik yang memiliki kecerdasan intelektual superior di SMAN 1 Martapura. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang memiliki kecerdasan intelektual superior berjumlah 58 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert dengan empat pilihan respon yang terdiri dari skala task commitment dan flow akademik. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara task commitment dengan flow akademik pada peserta didik yang memiliki kecerdasan intelektual superior di SMAN 1 Martapura memiliki korelasi 0,788 (p<0,05). Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang kuat  dan positif antara kedua variabel, artinya semakin tinggi task commitment maka semakin tinggi flow akademik, sebaliknya semakin rendah flow akademik maka semakin rendah task commitment. Sumbangan efektif task commitment terhadap flow akademik sebesar 62,1% sedangkan 37,9% sisanya adalah sumbangan dari variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Akbar, R., & Hawadi. (2002). Identifikasi keberbakatan intelektual melalui metode non-tes. Jakarta: Grasindo.

Asakawa, K. (2010). Flow experience, culture, and well-being: how do autotelic Japanese college students feel, behave, and think in their daily lives. Journal Happiness Study, 11, 205-223. DOI: 10.1007/s10902-008-9132-3

Arif, K. (2013). Hubungan antara motivasi berprestasi dan flow akademik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2 (1), 1-12. Retrieved from http://webhosting.ubaya.ac.id/~journalubayaac/in dex.php/jimus/article/download/146/124

Bakker, A. B. (2005). Flow among music teachers and their students: the crossover of peak experiences. Journal of Vocational Behavior, 66, 26-44. DOI: 10.1016/j.jvb.2003.11.001

Carr, A. (2004). Positive psychology. Routledge: New York.

Csikszentmihalyi, M. (2014). Flow and the foundations of positive psychology [Adobe Digital Editions Version] doi: 10.1007/978-94-017-9088-8

Fatimah, S., Karyanto, P., & Rosyidi, A. (2012). Kontribusi IQ dan EQ terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X SMA negeri 7 surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4 (1), 23-30. Retrieved from file:///C:/Users/Xware/Downloads/5534-10846- 1-SM.pdf

Juminah. (2016). Pengaruh task commitment dan locus of control terhadap prestasi belajar matematika. JKPM, 1 (1), 45-56. Retrieved from http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/viewFile/1894/1475

Kim, W.J., Byeon, J.H., & Kwon, Y.J. (2012). Analysis of task commitment types of science learning in high school students biology classification. Journal Korea Accosiation, 32 (6), 863-879. Retrieved from

https://www.researchgate.net/profile/Jung_Ho_B yeon/publication/264154359

.(2013). Development of an inventory to classify task commitment type in science learning and its application to classify students types. Journal Korea Accosiation, 33 (3), 680-693. Retrieved from http://www.ndsl.kr/soc_img/society/karse/GHGOBX/2013/v33n3/GHGOBX_2013_v33n3_679.pdf

Marwaha, S. (2015). Analysis of emotional quotient and intelligence quotient among ‘high achievers’ and ‘low performance’ in school academics. International Journal of Home Science, 1 (2), 26-31. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Shruti_Marwaha3/publication/316622710

Mills, M.J., & Fullagar, C.J. (2008). Motivation and flow: toward an understanding of the dynamics of the relation in architecture students. The Journal of Psychology, 142 (5), 533-553. DOI:10.3200/JRLP.142.5.533-556

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Hadinoto, S.R. (2014). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pebriani, E.N., & Rosiani, D. (2015). Pengaruh metode pembelajaran terhadap flow akademik pada mahasiswa psikologi UNISBA. Prosiding Psikologi (hal. 279-286). Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung, Bandung. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/download/1240/pdff

Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pianyta, A. (2016). Pengaruh kedisiplinan dan task commitment terhadap prestasi belajar matematika. JKMP, 2 (1), 80-92. Retrieved from http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/download/1896/1477

Priyatno, D. (2010). Paham analisa statistik data dengan SPSS. Jakarta: Buku Seru.

Purwati, E., & Akmaliyah, M. (2016). Hubungan antara self efficacy dengan flow akademik pada siswa akselerasi SMPN 1 Sidoarjo. Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi, 3 (2), 249-260. Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/ viewFile/1113/822

Renzulli, J.S. (2002). Emerging conceptions of giftednesss: building a bridge to the new century. Exceptionality, 10 (2), 67-75. DOI: 10.1207/S15327035EX10022

Syarifa, A., Mustami’ah, D., Sulirtiani, W. (2011). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan komitmen terhadap tugas (task commitment) pada siswa akselerasi tingkat SMA. Insan, 13 (1), 1-11. Retrieved from http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/artikel% 201-13-1.pdf

Tayibu, N.Q. (2016). Pengaruh intelegensi, task commitment dan self efficacy terhadap hasil belajar siswa SMA. Journal of EST, 2 (3), 132-

Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/JEST/article/download/2104/ 1437

Yusuf, M. (2014). Pengelolaan pembimbingan siswa di SMA negeri 1 mamuju kabupaten mamuju. Jurnal Eklektika, 2 (1), 67-78. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/Eklektika/article/viewFile/56 64/3300




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i2.1546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Retno Puspita, Rusdi Rusli, Marina Dwi Mayangsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.