HUBUNGAN ANTARA KETERIKATAN PESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 2 KANDANGAN

Amalia Hasanah, Rusdi Rusli, Dwi Nur Rachmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterikatan peserta didik dengan prestasi akademik pada peserta didik di SMAN 2 Kandangan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling, yaitu subjek peserta didik kelas XI SMAN 2 Kandangan sebanyak 109 peserta didik. Metode analisis  data menggunakan korelasi product moment dari KarllPerson dan metode pengumpulan data menggunakan skala keterikatan peserta didik dan nilai rapor peserta didik untuk prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukan hubungan antara kejenuhan pada peserta didik SMAN 2 Kandangan memiliki korelasi 0,594 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan yang sedang dan positif antara kedua variabel, artinya semakin rendah keterikatan peserta didik maka akan semakin rendah prestasi akademik, sebaliknya jika semakin tinggi keterikatan peserta didik maka akan semakintinggi prestasi akademik. Hubungan antara keterikatan peserta didik dengan prestasi akademik adalah sebesar 35,3 % sedangkan 64,7% sisanya adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Saran penelitian ini adalah mampu untuk memahami dan menilai dirinya dalam kesadaran peserta didik akan pentingnya keterikatan peserta didik dengan demikian prestasi akademik peserta didik juga mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Aslamawati, Y., Enoch., & Halimi, A,. (2015). Hubungan college engagement dengan prestasi akademik mahasiswa muslim di bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2) : 25-31. Retreived from: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/viewFile/444/452

Bomia, L., Beluzo, L., Demeester, D., Elander, K., Johnson, M., & Sheldon, B. (1997). The impact of teaching strategies on intrinsic motivation. Retrieved from ERIC database (ED418825).

Briggs, A. (2015). Ten ways to overcome barriers to student engagement online. Online Learning Consortium, Retrieved from http://onlinelearningconsortium.org/newsitem/tenways-overcome-barriersstudent engagement- online/

Citrandini, M., & Hernawati, N. (2016). Emosi akademik, strategi belajar, dan prestasi akademik siswa sma di wilayah perdesaan. Jurnal Ilmu Kel. & Kons, 3(9) : 195-205. Retreived from : http://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/vie w/15185/11124

Connell, J.P., Ellen. A. Skinner., & James. G. Wellborn. (1990). What it takes to do well in school and wether i’ve got it: a process model of perceived control and children’s engagement and achievement in school. Journal of Educational Psychology, 1(82) : 22-32. doi : 10.1037//0022- 0663.82.1.22

Dharmayana, M., Amitya & Yapsir. (2012). Student engagement sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik. Jurnal Psikologi, 29 (1), 76-94. Retreived from : https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6968/5 429

Fredericks, J.A., Blumenfeld, P.C.,& Paris A. (2004). School engagement : Potential of the concept, state of evidence. Review of Educational Research Springer, 74(1) : 59-109.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara

Indriana Irvin & Surjawati. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik : studi kasus pada mahasiswa program studi akuntansi universitas semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1) : 39-48. Retreived from : journals.usm.ac.id/index.php/jdsb/article/downl oad/557/368

Kpolovie, P., J., Andy Igho Joe, & Tracy Okoto. (2014). Academic achievement prediction : role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 11(1) : 73-100. Retreived from: https://www.arcjournals.org/pdfs/ijhsse/v1- i11/10.pdf

Marks, H. M. (2000). Student engagemnet in interactional activity: pattern in the elementary, middle and high school years. American Educational Research Journal, 13(8) : 153-184. Retereived from : https://pareonline.net/getvn.asp?v=8&n=13

Nurwati A. (2009). Hubungan antara interaksi sosial siswa dengan prestasi belajar bahasa indonesia siswa madrasah ibtidaiyah se-kabupaten gorontalo. Cakrawala Pendidikan, 28(2) : 109-119. Retreived from : https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/.../Cakraw ala%20Pendidikan

Priyatno, D. (2010). Paham analisa statistik data dengan spss. Yogyakarta: MediaKom.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Sekretariat Negara. Jakarta. Retreived from : http://www.jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2003/2 0TAHUN2003UU.htm

Republik Indonesia. (2013). Undang-Undang No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Sekretariat Negara. Jakarta. Retreived from : https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A2013ImplementasiK13Lengkap.pdf

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Willms, J.D. (2003). Student engagement at school a sense of belonging and participation results from pisa 2000. Organisation For Economic Co- Operation And Development. Retreived from : http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33689 437.pdf




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i2.1561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amalia Hasanah, Rusdi Rusli, Dwi Nur Rachmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.