HUBUNGAN MODAL PSIKOLOGIS DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA DOSEN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Windy Daisy Maulidina, Ermina Istiqomah, Dwi Nur Rachmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara modal psikologis dengan kecerdasan emosional pada dosen Universitas Lambung Mangkurat. Modal psikologis atau psychological capital diartikan sebagai keadaan psikologis positif yang dimiliki individu yang ditandai oleh kepercayaan diri, optimisme, harapan dan resiliensi. Kecerdasan emosional diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami perasaan dan emosi dirinya, mengelola perasaan dan emosi tersebut, memahami perasaan dan emosi orang lain, serta membina hubungan dengan orang lain. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang Dosen Universitas Lambung Mangkurat dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling incidental. Pengambilan data menggunakan skala modal psikologis dan skala kecerdasan emosional. Metode analisis data penelitian ini menggunakan  korelasi  product  moment  Pearson. Uji korelasi menunjukkan bahwa modal psikologis dan kecerdasan emosional memiliki korelasi sebesar 0.623 dan taraf signifikansi sebesar 0.000. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara modal psikologis dan kecerdasan emosional yang berarti bahwa. semakin tinggi modal psikologis maka.akan semakin tinggi.kecerdasan emosional, sebaliknya semakin rendah modal psikologis maka akan semakin rendah kecerdasan emosional. Sumbangan modal   psikologis   terhadap   kecerdasan   emosional   sebanyak    38.8%    sedangkan    61.2%    berasal    dari  faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2017). Metode penelitian psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Goleman, Daniel. (1995). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. New York: Bantam Books.

Goleman, Daniel., Boyatzis Richard., & McKee, Annie. (2002). Primal leadership: Realizing the power of emotional intelligence. Boston: Harvard Business School Press.

Guangyi, LI & Shanshan YAN. (2016). Psychological Capital: Origin, Connotation and the Related Factors. Canadian Social Science. Vol. 12 (8), 71-77. DOI: 10.3968/8710

Luthans, Fred., Youssef, Carolyn. M. & Avolio, Bruce. J. (2007). Psychological capital: Developing the human competitive edge. New York: Oxford University Press.

Nashtya, Aisya, D., & Baidun, Akhmad. (2017). Pengaruh work family conflict, modal psikologis, dan variabel demografis terhadap kinerja guru. Journal of Psychology. Vol. 22, 1. Retrieved from http://psikologi.uinjkt.ac.id/wp- content/uploads/2018/02/137-150-Aisya- Dewi-Nashtya-Akhmad-Baidun.pdf.

Noviati, Nur. P. (2015). Stres kerja ditinjau dari kecerdasan emosi, modal psikologis, dan dukungan sosial. Psikologika, Vol. 20, 27-38. Retrieved from http://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/view/7708.

Priyatno, Duwi. (2010). Paham analisis statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Saeed, Imran., Ikhan, Saif, U., & Qadir, Ghayyur. (2017). Effect of Psychological Capital and Emotional Intelligence on Employee’s Job Performance. Journal of Business and Tourism. Vol. 3 (2). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/323018179_Effect_of_Psychological_Capital_and_Emotional_Intelligence_on_Employee's_Job_Performance.

Shaleh, Abdul, R., Azwar, S., & Hidayat, Rahmat. (2015). Personal Factors as A Predictor of Lecturer’s Performance. Ijaber. Vol 13 (7). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/302191978_Personal_factorsas_a_predictor_of_lec turer's_performance.

Şimşek, Eylem. & Aktaş, Hakki. (2016). Is psychological capital a form of emotional intelligence? A research on university students. International Conference on Contemporary Issues in Education, 297-302. Retrieved from http://www.cmdconf.net/2016/pdf/33.pdf.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Retrieved from http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i2.1565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Windy Daisy Maulidina, Ermina Istiqomah, Dwi Nur Rachmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.