PERANAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA JASA STUDIO PHOTO A DI BANJARBARU

Ema Septyandani, Rooswita Santia Dewi, Muhammad Syarif Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan word of mouth terhadap kepercayaan konsumen pada jasa studio photo A di Banjarbaru. Word of mouth, merupakan komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan dan pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian jenis regresi linier sederhana. Teknik purposive yang digunakan purposive sampling, sehingga diperoleh 40 orang subjek sesuai dengan kriteria tertentu. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa terdapat peranan word of mouth terhadap kepercayaan konsumen di studio photo A di Banjarbaru sebesar 13,7%.

Full Text:

PDF

References


Aulia, S., & Sendjaja, S. D. (2015). Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Word Of Mouth Di Perguruan Tinggi Swasta. Seminar Nasional Cendekiawan. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. ISSN: 2460-8696. Retrieved from http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/semnas/article/view/118/117 (24 Januari 2018)

Darren, F., & Haryadi, E. (2015). Pengaruh Moderasi Word Of Mouth Terhadap Hubungan Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian Rumah “Paramount Land”. Jurnal Manajemen. 12(2), 202-217. Retrieved from http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/JM/article/view/501/402 (04 Januari 2018)

Halim, M. P. (2015). Kajian Indikator Kepercayaan Konsumen Akan Online Review Pada Proses Keputusan Booking Hotel Secara Online. AKADEMIKA. 13(1), 21-27. Retrieve from http://jurnal.stieimalang.ac.id/index.php/JAK/arti cle/viewFile/27/50 (21 Maret 2018)

Jasfar, F. (2012). Teori dan Aplikasi Sembilan Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa: Sumber Daya Manusia, Inovasi, dan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Salemba Empat

Nugraha, F. A. A., Suharyono., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan jalan Simpang Soekarno-Hatta nomor 1-2 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 22(1). Retrieve from https://media.neliti.com/media/publications/85863-ID-pengaruh-word-of- mouth-terhadap -keputusa.pdf (12 Februari 2018)

Nugrahani, D. S. (2013). Peran Strategi Komunikasi Pemasaran “Word of Mouth” Dalam Pengambilan Keputusan Konsumen. E-Journal Manajemen dan Bisnis. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/51/588 (03 Januari 2018)

Rachman, R., & Abadi, T. W. (2017). Komunikasi Word Of Mouth Dan Keputusan Pembelian Batik Bangkalan. Jurnal Aspikom. 3(2), 285-295. Retrieved from http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/136/112 (03 Januari 2018)

Rizanata, M. F. (2014). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Word Of Mouth, Niat Beli Dan Retensi Pelanggan Gerai Indomaret Di Surabaya. Journal of Business and Banking. 4(1), 31-42. doi: https://dx.doi.org/10.14414/jbb.v4i1.291 Retrieved from https://journal.perbanas.ac.id/index.php/jbb/article/view/291/229 (25 Maret 2018)




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i1.1570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ema Septyandani, Rooswita Santia Dewi, Muhammad Syarif Hidayatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.