PENGARUH KONFORMITAS KELOMPOK TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MAN 2 BANJAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ekstrakurikuler pramuka di MAN 2 Banjar yang selalu sedikit peminatnya, padahal ekstrakurikuler pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib diikuti, hal ini disebabkan oleh siswa yang terpengaruh oleh teman-temannya untuk tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka sehingga minat untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka menjadi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konformitas kelompok terhadap minat siswa mengikuti ekstrakurikuler pramuka di MAN 2 Banjar. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh konformitas kelompok terhadap minat siswa mengikuti ekstrakurikuler pramuka di MAN 2 Banjar. Subjek penelitian ini berjumlah 60 orang. Adapun teknik pengambila nsampel yang digunakan adalah teknik.purposive sampling. Skala penelitian ini menggunakan skala konformitas dan skala minat dan analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh konformitas terhadap minat sebagaimana ditunjukkan oleh nilai nilai -t hitung < -t tabel (-10,584 < -2,002) dengan taraf signifikansi 0,000 (<0,05). Artinya ada pengaruh negatif antara konformitas terhadap minat. Semakin tinggi konformitas, maka semakin rendah minat yang dimiliki siswa.. Berdasarkan hasil penelitian tersebut sumbangan efektif pengaruh konformitas terhadap minat sebesar 65.9%, sedangkan 34.1% dipengaruhi oleh faktorrlain.
Full Text:
PDFReferences
Hidayat, Syarif, & Asroi. (2013). Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Neuman, W.L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th Edition) . Pearson Education Inc, Boston
Mulyana, M., & Puspitasari, R. (2013). Analisis Faktor- Faktor yang Membentuk Minat Berwirausaha Siswa SMK di Kota Bogor. Konferensi Nasional Riset Manajemen VII
Pintrich, Paul R & Dale H. Schunk. (1996). Motivation in Education, TheoryResearch and Application. Ohio: Prentice Hall
Santrock, J.W. (2007). Remaja edisi II. Jakarta: Erlangga.
Santrock, John W. (2003). Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
Saraswati, R. E. (2017). Hubungan Partisipasi Ekstrakurikuler Pramuka dengan Keterampilan Sosial SMPN 1 Bansari. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 3, Nomor 6, Juni 2017.
Sears, D.O. (2004). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka
Sukarno, NF, & Indrawati, ES. (2018). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa di SMA PL Don Bosco Semarang. Jurnal Empati. Vol 7, Nomor 2, 314-320
Winkel, W.S. (1997). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Yulianti, MI, & Herdiyanto, YK. (2015). Hubungan Konformitas dan Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. Vol 2, Nomor 1, 89-99
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i1.1594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Amaniya Humaida, Neka Erlyani, Faridya Khairina Ekaputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.