PERANAN RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTERA BANJARBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peranan antara religiusitas dengan kecerdasan emosi. Subjek penelitian ini yaitu santri pengahfal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al- Falah Putera Banjarbaru yang berjumlah 57 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi meliputi skala religiusitas dan skala kecerdasan emosi. Hasil regresi linier sederhana menunjukan bahwa terdapat peranan positif antara religiusitas dengan kecerdasan emosi pada santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Falah Putera. Adapun sumbangan efektif religiusitas terhadap kecerdasan emosi diketahui sebesar 50,7% dengan 49,3% lainnya merupakan sumbangan dari variabel lain seperti konsep diri, kemampuan berkomunikasi, dan penyesuaian diri. Berdasarkan hasil0penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi religiusitas maka akan semakin tinggi kecerdasan emosi.
Full Text:
PDFReferences
Alfikri, F., Lilik, S., & Karyanta, N.A. (2015). Hubungan antara kestabilan emosi dengan konsep diri pada jamaah pengajian haqqul amindi Surakarta.Jurnal Ilmiah Psikologi candrajiwa.4(1), 40-55.
Azizah. N. (2006). Perilaku moral dan religiusitas siswa berlatar belakang pendidikan umum dan agama. Jurnal psikologi, 33(2), 1-16.
Fadhillah, H. (2016). Pengaruh membaca Al- Qur’an terhadap kestabilan emsoi siswa kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 5(8), 174-
Ghufron, M. N., & Risnawita, S. (2009). Teori-Teori Psikologi. Jakarta: Gramedia.
Haryanto, E., & MT, R.C. (2015).Pengembangan aplikasi mutabaah tahfidz Al-Qur’an untuk mengevaluasi hafalan. Jurnal Algoritma. 12(1), 1-4.https://www.dikti.go.id diakses tanggal 4 Februari 2017
https://www.pesantren.info.com diakses tanggal 26 Oktober 2017.
Priyatno.(2010).Paham analisis statistik data dengan SPSS.Yogyakarta: Mediakom.
Shodiq, M. (2011). Pesantren dan perubahan sosial. Jurnal Falasifa, 2(2).
Susanti. S. (2014). Kontribusi kestabilan emosi dan kemampuan,berkomunika si terhadap kinerja pegawai di Panti Sosial Pamardi Putra Insyaf Medan. School Education Journal PGSD FIP UNIMED. 1(1), 28-41.
Wulandari, N.K., & Rustika, I.M. (2016). Peran kemandirian dan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada siswa asrama tahun pertama SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. 3(2), 232-243.
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i1.1614
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Izhar Riswandy, Rahmi Fauzia, Rooswita Santia Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.