HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN MEMORI ANAK DI TK X BANJARMASIN
Abstract
Masa usia dini merupakan masa dimana anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, semua yang anak dengar dan lihat terserap dalam pikirannya. Anak lebih mudah mengingat sesuatu yang dipelajari dari objek yang mereka lihat dan praktikkan sehingga dapat diterima dalam memori. Salah satu yang memberikan dampak positif maupun negatif terhadap perkembangan anak adalah intensitas penggunaan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget dengan memori pada anak di TK X Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di TK X Banjarmasin yang berusia 5 tahun. Penelitian ini menggunakan sampel dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 74 anak dengan kriteria yaitu anak berusia 5 tahun, anak yang menggunakan gadget dan bukan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan tiga alat ukur yaitu skala intensitas penggunaan gadget, Children’s Memory Questionnaire-Revised (CMQ-R) yang diadaptasi dari Hedges, Drysdale dan Levick (2015), serta Marlowe-Crowne Social Desirability Scale (MCSDS) yang dikembangkan oleh Crowne dan Marlowe (1960) yang telah diadaptasi oleh Widhiarso (2011). Analisis data menggunakan nonparametrik korelasi parsial spearman’s rho dengan bantuan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial didapatkan hubungan positif antara intensitas penggunaan gadget dengan memori dengan nilai r = 0,373. Hal ini berarti semakin tinggi intensitas penggunaan gadget maka semakin kurang baik memori pada anak, sebaliknya semakin rendah intensitas penggunaan gadget maka semakin baik memori pada anak. Koefisien determinasi menunjukkan sumbangan efektif intensitas penggunaan gadget dengan memori sebesar 13,9% sedangkan 86,1% sisanya adalah sumbangan dari fakor-faktor lain.
References
Almomani, F., Al-Syehab,N. A., .Al-Momani, M. O. & Alqhazo, M. (2018). Memory And Potential Correlates Among Children In Jordan. BMC psychiatry, 18(1), 1-9.
Alobaid, L., BinJadeed, H., Alkhamis, A., Alotaibi, R., Tharkar, S., GOSADİ İ., & Ashry, G. A. D. (2018). Burgeoning Rise In Smartphone Usage among School Children In Saudi Arabia: Baseline Assessment of Recognition and Attention Skills Among Users and Non-Users Using CANTAB Tests. The Ulutas Medical Journal (UMJ), 4(1), 4-11.
Aryadi, I. P. H., Ariawati, K., & Suwarba, I. G. N. M. (2019). Hubungan antara Kebiasaan Sarapan dengan Tingkat Memori pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kota Denpasar. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 29(3), 197-204.
Aziz. (2006). Jangan Biarkan Anak Kesulitan Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Ayuningsih, R., Fajarini, Y. I., & Hermawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dengan Aplikasi Game Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Darussalam 02 Kartasura Sukoharjo. Stikes Dutagama Klaten, 10(2), 20-30.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Canale, N., Vieno, A., Doro, M., Mineo, E. R., Marino, C., & Billieux, J. (2019). Emotion-related impulsivity moderates the cognitive interference effect of smartphone availability on working memory. Scientific reports, 9(1), 1-10.
Dewi, V. N., Sitaresmi, M. N., & Dewi, F. S. T. (2020). Modul Save D’Kids Untuk Non-guru. Yogyakarta: Salam Camp.
Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran Paud: Tinjauan Teoritik & Praktik Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fazree, S. D. M., & Zakaria, S. M. (2018). Kesan Penggunaan Gajet Kepada Perkembangan Kognitif dan Sosial Kanak-Kanak Prasekolah. Jurnal Wacana Sarjana, 2(4), 1-6.
Gunawan, A. W. (2005). Apakah IQ anak bisa ditingkatkan? Dan masalah-masalah lain seputar pendidikan anak yang sering dihadapi orang tua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hidasari, F. P. (2019). Intensitas Penggunaan Gadget Dan Aktivitas Motorik Anak Usia 4-6 Tahun Di Kota Pontianak. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 8(2), 85-91.
Hedges, R., Drysdale, K., & Levick, W. R. (2015). The Children's Memory Questionnaire-Revised. Applied Neuropsychology: Child, 4(4), 285-296.
Horrigan, J.B. (2002). New Internet Users: What They Do Online, What They Don‟t, and Implications for the Net’s Future. Pew Internet and American Life Project. 1-27.
Imron, R. (2017). Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148-154.
Jaya, E.S., Hartana., G.TB., & Mangundjaya, W. G. (2011). Menyidik Keberadaan Social Desirability (SD) pada Variabel Penelitian Perilaku. Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 54-62.
Juneman. (2013). Common method variance & bias dalam penelitian psikologis. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 2(5), 364-381.
Lusy, Vina, Yuni & Pramono, C. M. (2019). Parenting No Drama: Mengasuh dengan Ilmu, Bukan Sekadar Nalur. Visi Media.
Maria, I., & Novianti, R. (2020). The Effects of Using Gadgets during the Covid-19 Pandemic on Children's Behaviour. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 74-81.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55-64.
Ningtyas, D. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Memori Anak Pada Konsep Angka Melalui Permainan Ular Tangga. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 180-194.
Nurrohmad, M. A. (2018). Konseling Cognitive Behavior Teknik Self Intructions Training Untuk Meminimalkan Tingkat Ketergantungan Gadget. Proceeding Humanities: Teacher Training and Education, 1(1), 62-70.
Papalia, D.E., & Feldman, R.D. (2013). Menyelami Perkembangan Manusia. Experience Human Development. Edisi 12, Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
_______. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No.66 Tahun 2014.
Pebria, A. (2019). How Maximizingchild Potential. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Pradevi, A. P. (2020). .Hubungan.pengawasan orang.tua. dalam penggunaan gadget dengan kemampuan empati anak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 49-56.
Rahmalah, P. Z., Astuti, P., Pramessetyaningrum, L., & Susan, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump. 3(1), 302-310.
Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Qawwam, 14(1), 29-50.
Sage, C., & Burgio, E. (2018). Electromagnetic fields, pulsed radiofrequency radiation, and epigenetics: how wireless technologies may affect childhood. development. Child development, 89 (1), 129-136.
Santrock, J,W. (2015) Psikologi.Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, H. Y., Sasmiati, S., & Riswandi, R. (2018). Media Dan Pengembangan Kreativitas .Anak Usia.Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-10.
Sapardi, V S. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di Paud/TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, 12(80), 137-145.
Scharf, R. J., Scharf, G. J., & Stroustrup, A. (2016). Developmental.Milestones. Pediatricssssin review, 37 (1), 25-37.
Setianingsih, S. (2018). Dampak.Penggunaan.Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191-205.
Siboro, B. A. H. (2016). Pengaruh Jenis Musik Terhadap Short Term Memory Pada Mahasiswa Pekerja (Studi Kasus Mahasiswa Teknik Industri Universitas Riau Kepulauan) The Influence Of Music Toward Short Term Memory On Workers Student. Profisiensi, 4(1), 30-36.
Subarkah, M. A. (.2019). Pengaruh.Gadget.Terhadap Perkembangan.Anak. Rausyan Fikr, 15(1), 125-144.
Sundus, M. (2018). Themimpact.of using gadgetsion children. Journal of depression and anxiety, 7(1), 1-3.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.
Syah, M. (2015). PsikologibBelajar. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.
Vitrianingsih, K. S, & Ceria, I. (2018). Hubungan peran orang tua dan durasi penggunaan gadget dengan perkembangan anak pra sekolah di TK gugus ix Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Formil, 3(2), 101-109.
Widhiarso, W. (2011). Evaluasi.Properti.Psikometris. Skala Kepatutan Sosial Adaptasi dari Marlowe-Crowne Social Desirability Scale. INSANI, 13(03), 138-148.
Wilmer, H. H., Sherman, L. E., & Chein, J. M. (2017.). Smartphones And Cognition: A Review Of Research Exploring The Links Between Mobile Technology Habits And Cognitive Functioning. Frontiers in psychology, 8, 605, 1-16.
Wiresti, R. D. (2020). Analisis.Dampak Work.From Home pada,Anak Usia.Dini di MasapPandemi Covid-19. JurnallObsesi: JurnalpPendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641-653
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i2.2654
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Karima Yazi, Rika Vira Zwagery, Firdha Yuserina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.