Pergeseran Permainan Tradisional Menjadi Permainan Virtual Sebagai Dampak Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin

Cucu Widaty, Yuli Apriati, Tiara Moktika, Elysia Asmin

Abstract


Pergeseran Permainan Tradisional Menjadi Permainan Virtual Sebagai Dampak Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin. Pada jenjang akhir tahun 2019 dunia dilanda pandemi virus covid 19, aturan menjaga jarak di era Pandemi membatasi masyarakat untuk berinteraksi satu sama lain. Hal itu juga berdampak terhadap perkembangan permainan tradisional di lingkungan masyarakat. Anak-anak biasanya bermainan bersama teman-temannya dilingkungan, namun dengan adanya pandemi covid 19 kebiasaan atau budaya tersebut sementara hilang. Terhambatnya interaksi langsung membuat masyarakat mengandalkan permainan virtual sebagai hiburan ditengah pandemi covid 19. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pergeseran permainan tradisional menjadi permainan virtual ditengah pandemi covid 19. Subjek dari penelitian ini merupakan anak-anak dan remaja sebagai informan sekaligus responden. Analisis dilakukan untuk mengetahui perilaku informan selama pandemi. Dalam Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Wilayah tempat penelitian ialah di jalan Belitung, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Data yang diperoleh berdasarkan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah dapat diketahui kondisi pergeseran permainan yang terjadi dimasyarakat serta dampak-dampak yang ditimbulkan dari adanya pergeseran tersebut.

Keywords


Permainan Tradisional, Permainan Virtual, Anak-Anak, Perubahan Sosial

Full Text:

PDF

References


Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan

Tradisional Sebagai Warisan Budaya bangsa.

JOSSAE: Journal of Sport Science and

Education, 3 (2), 55–59.

Citraningrum, D. M. (2020). Pemanfaatan

Permainan Tradisional Pada Masa Pandemi.

Jember University Press, Vol 1(1).

Djazifah, ER, N. (2012). Proses Perubahan Sosial di

Masyarakat

Isniwarti. (2017). Permainan Tradisional:

Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis.

Malang, UMM Press.

Kristanto, N. . (2015). Tentang Konsep

Kebudayaan. Sabda: Jurnal Kajian

Kebudayaan, 10 (2).

Kurniawati, E. (2016). Permainan Tradisional

dan Perannya Dalam Mengembangkan

Keterampilan Sosial Anak.

Laela, D. N. (2017). Hubungan Perilaku Bermain

Virtual Game Dengan Kualitas Tidur Pada

Anak Usia Sekolah Kelas V di SD N

Ngupasan Yogyakarta. Program Studi Ilmu

Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas ’Aisyiyah.

Muhtarom, M. (2019). Nilai-Nilai Edukatif Dalam

Permainan Tradisional Pada Masyarakat

Lokal di Sumedang. Jurnal Balai DIklat

Keagamaan Bandung, XIII(1), 58–70.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Novrialdy. (2019). Kecanduan Game Online pada

Remaja: Dampak dan Pencegahannya Online

Game Addiction in Adolescents: Impacts and

its Preventions. Buletin Psikologi, 27.

Nugroho, A. (2005). Permainan Tradisional AnakAnak Sebagai Sumber Ide dalam Penciptaan

karya Seni Grafis. Universitas Sebelas Maret

Surakarta.

Raharjo (2004). Pengantar Sosiologi Pedesaan

Dan Pertanian. Yogyakarta:; Gadjah Mada

University Press.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi (dari Sosiologi

Klasik Sampai Perkembangan Terakhir

Postmodern). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial.

Yogyakarta : PT Tiara Wacana Yogya.

Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and

Indonesia. J Intern Med, 52(1).

Sujiono, B. D. Y. N. (2005). Menu Pembelajaran

Anak Usia Dini.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian

Pendidikn.

Umargiono. (2008). Modul Perubahan Sosial

Budaya.

Widaty, C. (2020). Perubahan Kehidupan Gotong

Royong Masyarakat Pedesaan di Kecamatan

Padaherang Kabupaten




DOI: https://doi.org/10.20527/padaringan.v3i2.3425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Padaringan Indexed By :

    

      

        

 

Lisensi Creative Commons
The work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.