Pembelajaran Sejarah dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anderson, B. (2006). Imagined communities: Reflections on the origin and spread of nationalism. Verso books
Dadang, S. (2015). Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gottschalk, L. (2008). Mengerti Sejarah. (N. Notosusanto, Trans.).
Handy, M. R. N. (2015). Pendidikan Sejarah dan Isu Kebangsaan. Prosiding APPSI (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah Indonesia) “Pendidikan Sejarah untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050”, Banjarmasin: 27-28 November 2015. Hal. 351-359.
Hasan, S. H. (2015). PENDIDIKAN SEJARAH DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS (Suatu Perubahan Paradigma Pendidikan Sejarah dengan Referensi pada Kurikulum 2013). Prosiding APPSI (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah Indonesia) “Pendidikan Sejarah untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050”, Banjarmasin: 27-28 November 2015. Hal. 1-23.
Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.
Madjid, M. D., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar. Kencana.
Putro, H. P. N. (2012). Model Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Melalui pendekatan Inkuiri. Paramita: Historical Studies Journal, 22(2).
Sinclair, A. (2003). Oral Sources And Their Importancein The Study Of Military History. Military History Journal, 12(5), June 2003. Die Suid-Afrikaanse Krygshistoriese Vereniging. http://samilitaryhistory.org/vol125as.html
Susanto, H. (2014). SEPUTAR PEMBELAJARAN SEJARAH; ISU, GAGASAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN. Aswaja Pressindo.s
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya).
Susanto, H. (2017). Pemahaman Sejarah Daerah dan Persepsi Terhadap Keberagaman Budaya dalam Membina Sikap Nasionalisme (Studi Korelasi pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UNLAM). Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 9(1), 39-50.
Swasono, M. F. (2014). Antropologi dan integrasi nasional. Antropologi Indonesia.
Umamah, N. (2017). Pembelajaran Sejarah Kesiapannya Menghadapi Tantangan Zaman. dalam http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83960
DOI: https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.2196
Indexed and abstracted by:
Editorial office:
History Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kayu Tangi, Banjarmasin 70123, Indonesia
Email: [email protected]