Peran Batara Tv Sebagai Media Lokal Dalam Memberikan Informasi Kepada Masyarakat Di Kota Muara Teweh Barito Utara (Studi pada masyarakat Muara Teweh yang berlangganan BATARA TV)

Doroteus Abramarsi He

Abstract


Media lokal berperan dalam proses penyebarluasan informasi khususnya mengenai kedaerahan yang menjadi tempat media lokal itu berasal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari tahu bagaimana peran BATARA TV sebagai media lokal dalam memberikan informasi bagi masyarakat di kota Muara Teweh Barito Utara, dengan konsep peranan media lokal. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mengumpulkan data, dilakukan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan peranan BATARA TV sebagai media lokal menjalankan sejumlah fungsi yang meliputi ulasan berupa memberikan informasi kepada masyarakat di Kota Muara Teweh Barito Utara yang memuat unsur peranan media lokal yaitu penguatan kesepakatan sosial, pengulasan keseharian masyarakat setempat, pengangkatan kearifan setempat, pemantapan jati diri kultur, dan proses penyerapan arti budaya. Adapun dalam pelaksanaan media lokal di masyarakat, menghasilkan pandangan positif dari masyarakat, sebagai lembaga media lokal yang mengulas informasi budaya, sosial, politik, dan pembangunan daerah yang disiarkan terkini dan terbaru setiap harinya

Full Text:

PDF

References


Ati, Sri, dkk. 2014. Dasar-dasar Informasi. In: Pengantar Konsep Informasi, Data, dan Pengetahuan. Jakarta: Universitas Terbuka, pp. 1-32. ISBN 9789790116948.

Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dominick, Joseph R. 2011. The Dynamics of Mass Communication. UK: McGraw Hill.

Dwi dan Suyanto, Bagong (editor). 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan edisi ketiga. Jakarta: Prenada Media Group.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Indah, Suryawati. 2011. Jurnalistik: Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mabrurki, Anton, KN. 2018. Produksi Program TV Non-Drama. Jakarta: Gramedia.

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurudin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pendit, Putu Laxman. 2003. Penelitian Ilmu Perpustakaan Dalam Informasi Suatu Pengantar Diskusi Epistemologi Dan Matodologi. Jakarta:

JIPFSUL.

Pratminingsih, Sri Astuti. 2006. Komunikasi Bisnis (Edisi pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rachelita, Y.L. 2014. Fungsi Media Massa Lokal Sebagai Pewarisan Nilai Budaya (Analisis Isis Fungsi Pewarisan Nilai Budaya dlm Berita

Pahargyan Ageng GKR Hayu & KPH Notonegoro di SKH KR Periode 13 Agustus-27 Oktober 2013) (Doctoral dissertation, UAJY). Yogyakarta:

Universitas Atma Jaya.

Ruliana, Poppy. Puji Lestari. 2019. Teori Komunikasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugihartono. 2009. Manipulasi Selisih-Dipangkatkan_N dan Analisis Statistika Order Tinggi Untuk Proses Ekstraksi Ciri Sinyal pada Sistem

Rekognisi Skema Modulasi Automatis. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.