Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness Alvisa Beauty

Anissa Putri

Abstract


Alvisa Beauty merupakan salah satu brand skincare lokal yang berfokus pada produk perawatan kulit tubuh atau bodycare yang berasal dari Kota Banjarmasin. Alvisa Beauty didirikan pertama kali pada tahun 2020 dengan tujuan memberikan produk bodycare yang aman namun tetap berkualitas kepada Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram dalam meningkatkan brand awareness oleh Alvisa Beauty. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori New Media oleh Piere Levy. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripstif kualitatif untuk dapat mendeskripsikan bagaimana Alvisa Beauty memanfaatkan media sosial Instagram dalam mempromosikann dan memasarkan produk mereka untuk meningkatkan brand awareness. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini penulis menganilsa menggunakan reduksi data dari hasil wawancara narasumber, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram oleh Alvisa Beauty terutama dalam memanfaatkan fitur-fitur Instagram adalah mereka memilih fitur unggah foto, Instagram Stories, Reels, Like, Direct Message, Hashtag, Collab Post dan Highlight Instagram untuk meningkatkan brand awareness mereka. Ini juga didapatkan dari hasil segmentation, targeting, dan positioning yang telah dilakukan.

References


Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920-8928.

Buana, A. W., dkk. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Waroeng Ss Dalam Meningkatkan Brand Awareness Konsumen Melalui Instagram. Jurnal Riset Komunikasi, 58-68.

Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Desra. (2019). Marketing, Pengertian, Jenis dan Manfaat Pemasaran Online

Diem, D. A. R., & Yulianti, W. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Akun Instagram@ Kaosdisablon di CV. Purwa Satya). Jurnal Teknologika, 10(2), 15-20.

Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi: Teori Dan Praktek.2013 (-.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fani, A. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop Babyeye_Id Melalui Aplikasi Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Medan.

Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Haque-Fawzi, dkk. (2022). Strategi pemasaran: konsep, teori, dan implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media. Malau, Harman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.