Perencanaan Komunikasi Pariwisata di Desa Wisata Belangian

Zaidan Fadhlani

Abstract


Desa Wisata Belangian berada di Hulu Waduk Riam Kanan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Diresmikan pada 25 November 2019, oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desanya. Ketiadaan data pengunjung dan minimnya informasi tentang pariwisata yang ada di desa ini membuat penelitian ini hadir untuk mengetahui perencanaan komunikasi pariwisata yang telah dilakukan selama lima tahun terakhir oleh pihak desa. Melalui metode dan pendekatan kuasi kualitatif, dalam kerangka langkah Perencanaan Komunikasi Cangara: 1) menetapkan komunikator, 2) memilih target sasaran, 3) melakukan penyusunan pesan dan 4) memutuskan media dan saluran komunikasi dan Teori Harold Lasswell, yaitu who, says what, in which channel, to whom dan with what effect. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis hasil data Miles dan Huberman. Lokasi Desa Wisata Belangian, Kalimantan Selatan. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa peran komunikator lebih banyak diambil oleh tiga posisi penting, yaitu Kepala Desa Belangian, Ketua dan Wakil Ketua Pokok Sadar Wisata Kahung Raya. Kemudian dalam menentukan target sasaran Desa Wisata Belangian belum melakukannya, sehingga ini berdampak pada proses penyusunan pesan yang tidak memiliki segmentansi dan tujuan. Adapun penggunaan media dan saluran komunikasi belum bersifat promotif menjangkau calon wisatawan baru. Sehingga perencanaan komunikasi pariwisata belum dilakukan sepenuhnya oleh Desa Wisata Belangian.

Full Text:

PDF

References


Abdisamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan I. Syakir Media Press. Makassar.

Aprilliady, H. 2021. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Kahung Desa Belangian Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan Di Era New Normal. Skripsi. Ekonomi Pembangunan Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Aziza, I. 2023. Komunikasi Kelompok Pokdarwis Desa Pa’au Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Sebagai Upaya Pengembangan Desa. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Benjamin, P. Maryani, E. Octavianti, M. (2021) Penggunaan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Ciburial, Samarang, Garut. COMMUNICATION, VOL. 12 (2) OKTOBER 2021. 107-121.

Bungin, B. 2008. Penelitian Kualitatif (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana. Jakarta.

Bungin, B. 2015. Komunikasi Pariwisata: Pemasaran dan Brand Destinasi. Prenada Media. Jakarta.

Cangara, H. H. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Rajagrafindo. Jakarta.

Effendy, O. U. 2008. Dinamika Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Fawzia, A. E. 2019. Strategi Pengembangan Wisata Alam Di Desa Belangian Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Tesis. Ilmu Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.

Geopark Meratus. 2023. Rute Timur. Diakses dari https://meratusgeopark.org/rute-timur/ 17 Maret 2024 (21.51). Pamsimas. 2021.

Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi. 2021. Pedoman Desa Wisata (edisi 2). KEMENKOMARVES.

Keputusan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. KM/107/KD.03/2021. Tentang Panduang Pengembangan Desa Kreatif.

Keputusan Menteri/UU

Kusmiati, Y. 2020. Komunikasi Pariwisata Pagaralam (Tinjauan Humas Pemerintah). FBS Unimed Press. Medan.

Media Center Kalimantan Selatan. 2023. Pemprov Kalsel Sosialisasikan Geopark Meratus Di Desa Wisata Belangian. Diakses dari https://diskominfomc.kalselprov.go,.id/2023/10/25/pemprov-kalselsosialisasikan-geopark-meratus-di-desa-wisata-belangian/ 16 Maret 2024 (14.00).

Mulyana, D. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan dua puluh dua. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nurudin. 2004. Sistem Komunikasi Indonesia. Cetakan Sembilan. Rajawali Pers. Depok.

Purba, B. 2020. Model Perencanaan Komunikasi. Cetakan Pertama. Undhar Press. Medan.

Purnawati, R. 2022. Komunikasi Pariwisata Kabupaten Tanah Laut Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Puspita, Amelia. (2019) Perencanaan Komunikasi Pemasaran: Studi pada PT. Rizma Tour & Travel Banjarmasin. MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 (1) Mei 2019.

Rakhmawati, Y. 2019. Komunikasi Antarpribadi: Konsep dan Kajian Empiris. Putra Media Nusantara. Surabaya.

Ruliana, P., dan P. Lestari. 2019. Teori Komunikasi. Cetakan pertama. Rajawali Pers. Depok.

Samsinar dan Rusnali, A. N. A. 2017. Komunikasi Antar Manusia: Komunikasi Intrapribadi, Antarpribadi, Kelompok atau Organisasi. Cetakan Pertama. Giallorossi Publisher. Bone.

Selangkah Lagi Belangian Menjadi Desa Pertama di Banjar Menuju 5 Pilar STBM. Diakses dari https://pamsimas.pu.go.id/selangkahlagi-belangian-menjadi-desa-pertama-di-banjar-menuju-5-pilar-stbm/ 30 Juli 2023 (01.32).

Siforestka.co.id. 2022. Desa Wisata Belangian. Diakses dari https://siforestka.co.id/produk/detail/mandi-angin 16 Maret 2024 (13.49).

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Edisi 3: Cetakan Kelima. Alfabeta. Bandung.

Suranto. 2019. Perencanaan dan Evaluasi Program Komunikasi. Pena Pressindo. Yogyakarta.

Susanto, D. 2019. Kalsel Resmikan Desa Wisata Waduk Riam Kanan. Diakses dari https://m.mediaindonesia.com/nusantara/273681/kalsel-resmikan-desawisata-waduk-riam-kanan 30 Juli 2023 (01.24).

Yusuf, M. F. 2021. Buku Ajar: Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan pertama. Pustaka Ilmu. Yogyakarta.

Zahra, H. A. 2022. Komunikasi Pemasaran Pokdarwis Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Matang Kaladan di Kabupaten Banjar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.