Strategi Komunikasi Dinas Kesehatan Hulu Sungai Utara dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Mengikuti Vaksinasi Covid-19

Nazmi Aulia Badali Aulia Badali

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi komunikasi Dinas Kesehatan Hulu Sungai Utara dalam upaya mengajak masyarakat agar berpartisipasi dalam vaksinasi Covid-19, dalam pelaksanaan ini masih banyak masyarakat yang kurang berminat untuk mengikuti vaksinasi untuk itu pihak Dinas Kesehatan Hulu Sungai Utara melakukan berbagai strategi komunikasi guna meningkatkan partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Dinas Kesehatan mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data menurut Miles, dan Huberman. Teori yang digunakan yaitu Teori Kredibilitas Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Strategi Komunikasi Dinas Kesehatan Hulu Sungai Utara dalam meningkatkan Partisipasi Masyarakat mengikuti vaksinasi berjalan dengan lancar efektif menggunakan strategi komunikasi, yaitu menetapkan komunikator, menetapkan sasaran, menyusun pesan dan memilih media dan saluran komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2008). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media.

Blake, R. H., & Haroldsen, E. O. (2003). Taksonomi Konsep Komunikasi. Surabaya: Papyrus.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Dance, F., & Larson, C. (2004). Komunikasi dan Komunikan. Jakarta: Grasindo.

Devito, J. A., (1989). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books.

Effendy, O. U. (2009). Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasan, A. F. (2021). Strategi Komunikasi Radio dBs 101,9 FM dalam Menarik Partisipasi Pendengar pada Program Request Lagu.

Gunawan. (2014). Metode Penelitian Kualtatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2008). Komunikasi Massa (Kontroversi, Teori dan Aplikasi). Bandung: Widya Padjajaran.

Onong, U. E. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Rosda Karya.

Rakhmat, J. (2003). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rizkiyanti, Y. (2021) Strategi Kampanye Imunisasi MR (Studi Kasus Kampanye Puskesmas Pemurus Dalam pada Masa Pro-kontra Vaksinasi).

Sari, R. N. (2022) Strategi Komunikasi Bidan Desa dalam Mensosialisasikan Vaksin Covid-19 Kepada Masyarakat Desa Bosar Nauli Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun.

Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi. Jakarta: Buku Seru.

Surayadi, E. (2018). Strategi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.