Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat “Air Limbah Domestik” terhadap Tingkat Afektif Masyarakat tentang Dampak dan Pengelolaan Air Limbah Domestik

Asha Aulia Febriana Ashari

Abstract


Air limbah domestik masih menjadi permasalahan lingkungan yang belum terpecahkan bahkan penanganannya masih minim. Berbagai macam usaha telah digunakan untuk mencegah masalah tersebut, salah satunya adalah dengan memberikan informasi dan pesan terkait dampak negatif dari air limbah domestik yang tidak dikelola. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan seberapa besaran peningkatan afektif pada masyarakat sesudah diberi pesan dan informasi berupa video iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, subjek terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa video iklan, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan sama sekali. Penelitian ini ditujukan kepada 40 responden, masing-masing kelompok berisikan 20 responden. Kuesioner merupakan instrumen yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data dan rumus uji t-sampel berpasangan digunakan sebagai teknik analisa data. Dengan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan, pada kelompok eksperimen diperoleh hasil sig (2-tailed) (0,000) < (0,05) dengan tingkat derajat kepercayaan sebesar 95%. Skor rata-rata pada kelompok eksperimen di tahap pretest sebesar 1,536, dan skor di tahap post-test sebesar 3,605. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perasaan terhadap dampak dan pengelolaan air limbah domestik meningkat setelah diberikan perlakuan berupa video iklan layanan masyarakat, sehingga H0 yang dinyatakan dalam hipotesis penelitian ditolak dan Ha diterima.

References


Arianto, et al. (2016). Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Setempat. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Arifin, A. (1998). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta: Rajawali Pers.

Ardianto, E. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Betrand, J. (1980). Audience research for improving family planning communication programs. Chicago: The Community and Family Study Centre.

Creswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Rosdakarya.

Djatnika, T. (2007). Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djenamar, M. (1986). Komunikasi dan Pidato. Bandung: Alumni 1986.

Effendi, H. (2003). Telaah Kualitas Air: Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: Kanisius.

Flor, A. G., & Cangara, H. (2018). Komunikasi Lingkungan: Penanganan Kasus-Kasus Lingkungan Melalui Strategi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Hardjana, A., M. (2003). Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kristanto, P. (2002). Ekologi Industri. Yogyakarta: Andi.

Liweri, A. (2003). Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.