Pengaruh Penggunaan Foto Produk pada Media Instagram @astro.thrifted terhadap Minat Beli Follower

Muhammaf Naufal Akrimi

Abstract


Perkembangan teknologi dan pesatnya pertumbuhan media sosial, terutama di Indonesia dengan jumlah pengguna internet yang besar, memberikan dampak signifikan terhadap pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh penggunaan foto produk pada media instagram @astro.thrifted terhadap minat beli follower. Tipe penelitian ini adalah kuantaitif eksplanatif. Penelitian ini dilakukan pada online shop Instagram @astro.thrifted yang cukup besar dan dikenal di kota Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Instagram @astro.thrifted sebanyak 10.888 orang per bulan Agustus 2023. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus Slovin, diperoleh sampel penelitian sebesar 100 responden. Hasil analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa penggunaan foto produk pada media Instagram @astro.thrifted memiliki nilai siginifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa penggunaan foto produk pada media Instagram @astro.thrifted secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, dan bahwa minat beli dapat dipengaruhi sebesar 28,1% oleh variabel independen yaitu penggunaan foto produk pada media Instagram @astro.thrifted. Sedangkan, 71,9% minat beli dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2): 91–104.

https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002

Apjii.or.id. (2020). Buletin APJII Edisi 74 November 2020. Diambil dari https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI74November2020.pdf

Astuti, B., & Putri, A. P. (2018). Analysis on the Effect of Instagram Use on Consumer Purchase Intensity. Integrative Business and Economics, 7(2): 24–38. Diambil dari http://buscompress.com/journal-home.html

Bilgin, Y. (2018). the Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1): 128–148. https://doi.org/10.15295/v6i1.229

Breitsohl, J., Kunz, W. H., & Dowell, D. (2015). Does the host match the content? A taxonomical update on online consumption communities. Journal of Marketing Management, 31(9): 1040–1064. https://doi.org/10.1080/0267257X.2015.1036102

Bull, S. (2010). Photography: Routledge Introductions to Media and Communication. London: Routledge.

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Citra Aditia Bakti.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1): 21-26.

GoodStats. (2023). Menilik Perkembangan Pengguna Internet 2013-2023. Diamin 4 Oktober 2023, dari https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-perkembangan-pengguna-internet-2013-2023

Hilmiana, H., & Kirana, D. H. (2022). Digitalisasi Pemasaran Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Pendapatan Umkm Segarhalal. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1): 74-81.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing management (15 ed.). England: Pearson Education, Inc.

Lesko, L., & Lane, B. (2008). Advertising photography : a straightforward guide to a complex industry. United States of America: Cengage Learning PTR;Thomson Course Technology.

Li, X., Wang, M., & Chen, Y. (2014). The Impact Of Product Photo On Online Consumer Purchase Intention: An Image-Processing Enabled Empirical Study. PACIS 2014 Proceedings: 325.

Munir, M. F., Saroh, S., & Krisdianto, D. (2019). Pengaruh Foto Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Mahasiswa FIA Unisma Program Studi Administrasi Bisnis Yang Menjadi Konsumen Online Shop Tokopedia). Jiagabi, 8(3): 177–183.

Munir, M. F., Saroh, S., & Krisdianto, D. (2019). Pengaruh Foto dan Ulasan Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Mahasiswa Fia Unisma Program Studi Administrasi Bisnis yang Menjadi Konsumen Online Shop Tokopedia). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 8(3): 177-183.

Poturak, M., & Softic, S. (2019). Influence of Social Media Content on Consumer Purchase Intention: Mediation Effect of Brand Equity. Eurasian Journal of Business and Economics, 12(23): 17–43. https://doi.org/10.17015/ejbe.2019.023.02

Servanda, I. R. S., Sari, P. R. K., & Ananda, N. A. (2019). Peran Ulasan Produk Dan Fot Produk Yang Ditampilkan Penjual Pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria Dan Wanita. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2): 69-79.

Sudarma, I. K. (2014). Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyo, A., Suhartapa, S., & Annisa, R. N. (2022). Pengaruh Narasi Produk dan Foto Produk terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli Wisatawan Melalui Portal Digital Agoda. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(2): 18-38.

Susanto, H. (2014). Communication Skills: Sukses Komunikasi, Presentasi Dan Berkarier. Yogyakarta: Deepublish.

Teo, L. X., Leng, H. K., & Phua, Y. X. P. (2019). Marketing on Instagram: Social influence and image quality on perception of quality and purchase intention. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 20(2): 321–332. https://doi.org/10.1108/IJSMS-04-2018-0028

Thompson, S. J. (2008). Review: Handbook of Visual Communication: Theory, Methods, and Media. Business Communication Quarterly, 71(4): 518–520. https://doi.org/10.1177/1080569908321862

Yusryana, Y., Majid, A., & Idris, M. (2022). Promosi Penggunaan Selebriti Instagram (Selebgram) Dalam Meningkatkan Penjualan Astwear. Id Pada Generasi Milenial Di Kota Makassar. RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI, 3(3): 121-130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.