Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Foto Prewedding dan Wedding Abu Pictures di Banjarmasin

Muhammad Rizal Rifani

Abstract


Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar jasa dokumentasi pernikahan, keberhasilan sebuah vendor seperti Abu Pictures dalam mempertahankan kualitas dan kepercayaan konsumen sangatlah vital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen brand equity yang memengaruhi keputusan calon pengantin dalam memilih jasa foto prewedding dan wedding dari vendor dokumentasi Abu Pictures. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan sampel berupa calon pengantin di kota Banjarmasin yang berusia 18 – 35 tahun. Data dikumpulkan melalui penggunaan skala Likert, dengan validitas data yang diuji menggunakan nilai r hitung > 0,1654 dan reliabilitas yang dikonfirmasi menggunakan rumus Cronbach alpha dengan nilai di atas 0,6. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara brand equity dengan keputusan pembelian jasa dokumentasi, dengan nilai t hitung (2,526) melebihi nilai t tabel (1,984), serta hipotesis dalam penelitian ini diterima dengan nilai f hitung (92,723) yang jauh melebihi nilai f tabel (1,290). Dalam konteks ini, 65,7% keputusan pembelian dipengaruhi oleh responden yang sedang mencari vendor dokumentasi, sementara 34,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara simultan, brand equity dan penggunaan jasa memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa dokumentasi pernikahan.

Full Text:

PDF

References


Atmadja, A. T., Maryati, T., & Bawa Atmadja, N. (2019). Bisnis Foto Prewedding: Komersialisasi Ritual Perkawinan pada Masyarakat Bali. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 9(2). https://doi.org/10.24843/jkb.2019.v09.i02.p04

Awaliyah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Nasabah Bank Syariah Indonesia Pengguna Aplikasi BSI Mobile Di DKI Jakarta.

Bahar, N. (2021). Implementasi Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Pada Ikatan Remaja Masjid Al-Ikhlas Desa Polewali Kec.Libureng Kab.Bone.

Evelina, Handoyono, Sari. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi,Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi Kelima). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, P. H. M. (2018). the Influence of Product Quality , Price , Store Athmosphere , and Promotion Effectiveness on Consumer Purchase Decision of Flinders Lane Espresso Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05).

Krismanita, E., Wiska, M., & Purwanto, K. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E - commerce Shopee. Jurnal Revolusi Indonesia, 2(2).

Micko Indrawan, A. A. N., Saryana, I. M., & Pramana, I. M. B. (2023). Penguatan Konten Instagram sebagai Media Promosi Bisnis Foto Prewedding di Dinarastika Films. Retina Jurnal Fotografi, 3(1). https://doi.org/10.59997/rjf.v3i1.2039

Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif pada Penelitian E-commerce di Era Digital. Medium, 9(1). https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7443

Nelly, N., & Azeharie, S. (2018). Foto Prewedding Sebagai Bagian dari Gaya Hidup. Koneksi, 2 (1 SE-Articles).

Pangastuti, J., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424

Pratama Yudha, I. P. W. C., Suarjaya, I. M. A. D., & Raharja, I. M. S. (2020). Rancang Bangun Marketplace Pemesanan Jasa Dokumentasi Foto dan Video Pernikahan Berbasis Web. Techno.Com, 19(4). https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.3947

Putriani, S., Moein, A., & Oktavianti, R. (2018). Pengaruh Komunikasi Persuasif Endorser Rachel Vennya Terhadap Minat Beli Pada Kalangan Pengguna Instagram. Prologia, 2(1).

Saputra, A. (2021). Tinjauan Hukum Islam terhadap Pelaksanaan Foto Prewedding. PERADA, 4(2). https://doi.org/10.35961/perada.v4i2.395

Varhan, N., Listyorini, S., & Prihatini, A. E. (2022). Pengaruh Promosi dan Brand Equity terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Prabayar Telkomsel (Studi Kasus pada Pelanggan Prabayar Telkomsel Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4). https://doi.org/10.14710/jiab.2022.36059

Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 2(2). https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3740

Xian, G. L., et al. (2011). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.