ANALISIS SIMULASI PENGARUH VARIASI SUDUT DIFFUSER TERHADAP AHMED BODY DENGAN SLANT ANGLE 35"
Abstract
Aerodinamika dapat memberikan perubahan kecil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan. Modifikasi bodi kendaraan adalah salah satu metode pengurangan hambatan aerodinamika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan sudut diffuser pada sudut belakang model referensi yang disederhanakan (Ahmed Body slant angel 35°) yang digunakan untuk mewakili kendaraan tipe hatch back terhadap koefisien drag. Tiga model modifikasi alur dibuat untuk diuji pada penelitian ini dengan metode simulasi numerik menggunakan software ANSYS workbench 2020R2. Hasil penelitian ini diperoleh penurunan koefisien drag pada model 3 sebesar 3,82%. Faktor utama yang mempengaruhi penurunan koefisien drag ini adalah pemulihan tekanan dibelakang model dengan adanya penambahan diffuser.
Aerodinamika dapat memberikan perubahan kecil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan. Modifikasi bodi kendaraan adalah salah satu metode pengurangan hambatan aerodinamika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan sudut diffuser pada sudut belakang model referensi yang disederhanakan (Ahmed Body slant angel 35°) yang digunakan untuk mewakili kendaraan tipe hatch back terhadap koefisien drag. Tiga model modifikasi alur dibuat untuk diuji pada penelitian ini dengan metode simulasi numerik menggunakan software ANSYS workbench 2020R2. Hasil penelitian ini diperoleh penurunan koefisien drag pada model 3 sebesar 3,82%. Faktor utama yang mempengaruhi penurunan koefisien drag ini adalah pemulihan tekanan dibelakang model dengan adanya penambahan diffuser.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmed, Syed R, G Ramm, dan G Faltin. 1984. “Some salient features of the time-averaged ground vehicle wake.” SAE Transactions, 473–503.
“bayraktar 2001 Experimental and Computational Investigation of Ahmed Body for Ground Vehicle Aerodynamics.pdf.” t.t.
Bayraktar, Seyfettin, dan Yilmaz Ogun BİLGİLİ. 2018. “Effects of under body diffuser on the aerodynamics of a generic car.” International Journal of Automotive Engineering and Technologies 7 (2): 99–109.
Bruneau, Charles-Henri, Emmanuel Creusé, Patrick Gilliéron, dan Iraj Mortazavi. 2014. “Effect of the Vortex Dynamics on the Drag Coefficient of a Square Back Ahmed Body: Application to the Flow Control.” European Journal of Mechanics - B/Fluids 45 (Mei): 1–11. https://doi.org/10.1016/j.euromechflu.2013.11.003.
Buscariolo, Filipe F., Gustavo R.S. Assi, dan Spencer J. Sherwin. 2021. “Computational study on an Ahmed Body equipped with simplified underbody diffuser.” Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics 209 (Februari): 104411. https://doi.org/10.1016/j.jweia.2020.104411.
Franck, Gerardo, dan Jorge D’Elıa. t.t. “CFD Modeling of the FLow around the Ahmed Vehicle Model,” 5.
Hucho, W, dan G Sovran. t.t. “Aerodynamics of Road Vehicles.” AERODYNAMICS OF ROAD VEHICLES, 53.
Huminic, Angel, dan Gabriela Huminic. 2020. “Aerodynamics of curved underbody diffusers using CFD.” Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics 205 (Oktober): 104300. https://doi.org/10.1016/j.jweia.2020.104300.
Kang, Seoung-On, Sang-Ook Jun, Hoon-il Park, Ki-Sun Song, Jung-Do Kee, Kyu-Hong Kim, dan Dong-Ho Lee. 2012. “Actively translating a rear diffuser device for the aerodynamic drag reduction of a passenger car.” International Journal of Automotive Technology 13 (4): 583–92.
Lai, Chenguang, Yasuaki Kohama, Shigeru Obayashi, dan Shinkyu Jeong. 2011. “Experimental and Numerical Investigations on the Influence of Vehicle Rear Diffuser Angle on Aerodynamic Drag and Wake Structure.” International Journal of Automotive Engineering 2 (2): 47–53. https://doi.org/10.20485/jsaeijae.2.2_47.
Moghimi, P., Faculty of Mechanical Engineering, Semnan University, Semnan, Iran, R. Rafee, dan Faculty of Mechanical Engineering, Semnan University, Semnan, Iran. 2018a. “Numerical and Experimental Investigations on Aerodynamic Behavior of the Ahmed Body Model with Different Diffuser Angles.” Journal of Applied Fluid Mechanics 11 (4): 1101–13. https://doi.org/10.29252/jafm.11.04.27923.
———. 2018b. “Numerical and Experimental Investigations on Aerodynamic Behavior of the Ahmed Body Model with Different Diffuser Angles.” Journal of Applied Fluid Mechanics 11 (4): 1101–13. https://doi.org/10.29252/jafm.11.04.27923.
Morel, Thomas. 1978. “Aerodynamic drag of bluff body shapes characteristic of hatch-back cars.” SAE Transactions, 1270–79.
DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v5i1.8352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JTAM ROTARY
Editorial Address
Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University
Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.
HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)
E-mail: j[email protected], [email protected], [email protected]
Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Universitas Lambung Mangkurat