Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berorientasi Keterampilan Berkomunikasi Menggunakan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Di SMP Negeri 13 Banjarmasin

Pipit Puspita Mayangsari, Zainuddin Zainuddin, Andi Ichsan Mahardika

Abstract


Perangkat pembelajaran IPA fisika yang digunakan di sekolah selama ini dianggap belum memfasilitasi siswa untuk terampil dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan berkomunikasi dengan model pembelajaran diskusi kelas yang memiliki tujuan khusus: (1) Mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran, (2) Mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP, (3) Mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa, dan (4) mendeskripsikan pencapaian keterampilan berkomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP, LKS, THB dan Materi ajar. Teknik analisis data berupa validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, dan pengamatan keterampilan berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan katagori sangat baik (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran terlaksana sangat baik (3) Efektivitas perangkat pembelajaran termasuk pada kategori sedang, dan (4) pencapaian keterampilan berkomunikasi dalam kategori baik. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA fisika berorientasi keterampilan berkomunikasi dengan model pembelajaran diskusi kelas yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Perangkat pembelajaran; keterampilan berkomunikasi; pembelajaran diskusi kelas

References


Arends, R. (2008). Classroom Instruction and Management. New York: McGrawhill Comp.Inc.

Daryanto & Dwicahyono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta :Gava Media.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Prayitno. (2006). Keterampilan Belajar. Bengkulu: 3SCPD.

Rohman, M dan Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Suyidno. (2012). Evaluasi Belajar Fisika. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Tjokrodiharjo, S. (2000). Diskusi Kelas. Surabaya: UNESA.

Uchjana, O. (2007). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v4i3.1018

Article Metrics

Abstract view : 508 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 585 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.