Editorial Policies

Focus and Scope

Dentino is the leading international dental journal within the field of Restorative Dentistry. Placing an emphasis on publishing novel and high-quality research papers, the Journal aims to influence the practice of dentistry at clinician, research, industry and policy-maker level on an international basis.

Topics covered include the management of dental disease,periodontologyendodontologyoperative dentistry, fixed and removableprosthodonticsdental biomaterials science, long-term clinical trials including epidemiology and oral health, technology transfer of new scientific instrumentation or procedures, as well as clinically relevantoral biology and translational research.

Dentino will publish original scientific research papers including short communications. It is also interested in publishing review articles and leaders in themed areas which will be linked to new scientific research. Conference proceedings are also welcome and expressions of interest should be communicated to the Editor.

 

Section Policies

Editorial

Unchecked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Double Blind Review

Both the reviewer and the author are anonymous.

  • Author anonymity prevents any reviewer bias, for example based on an author's country of origin or previous controversial work.
  • Articles written by prestigious or renowned authors are considered on the basis of the content of their papers, rather than their reputation.
  • Reviewers can often identify the author through their writing style, subject matter or self-citation.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Frequency

Dentino published twice a year, every March and September.

 

Screening for Plagiarism

Screening for Plagiarism with Turnitin

 

Publication Ethics

Dentino Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat mengikuti Pedoman Perilaku Kode Etik Publikasi (COPE) dan bertujuan untuk mematuhi Pedoman Praktek Terbaik.

Tugas Editor

Perlakuan adil dan independensi editorial

Editor mengevaluasi manuskrip yang diserahkan secara eksklusif berdasarkan kesesuaian akademis (kepentingan, orisinalitas, validitas studi, kejelasan) dan relevansinya dengan cakupan jurnal, tanpa memperhatikan ras penulis, gender, orientasi seksual, asal etnis, kewarganegaraan, kepercayaan agama, filosofi politik atau afiliasi institusional. Keputusan untuk mengedit dan menerbitkan tidak ditentukan oleh kebijakan pemerintah atau lembaga lain di luar jurnal itu sendiri. Dewan Editorial kami memiliki wewenang penuh atas keseluruhan konten editorial jurnal dan waktu penerbitan konten tersebut.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak akan mengungkapkan informasi apapun tentang manuskrip yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, mitra bebestari, mitra bebestari potensial, penasihat editorial, dan penerbit yang sesuai.

Pengungkapan dan benturan kepentingan

Anggota editor dan editorial tidak akan menggunakan informasi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang diajukan untuk tujuan penelitian mereka tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh oleh editor karena penanganan manuskrip akan dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi mereka. Editor akan memilih diri mereka sendiri untuk mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari hubungan yang kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan atau institusi yang terkait dengan penelitian tersebut; Sebagai gantinya, mereka akan meminta anggota dewan redaksi lainnya untuk menangani manuskrip tersebut.

Keputusan publikasi

Para editor memastikan bahwa semua naskah yang diajukan dipertimbangkan untuk diterbitkan melalui ulasan sejawat oleh setidaknya dua mitra bebestari yang ahli di bidang ini. Pemimpin Redaksi, Editor Eksekutif, dan Redaktur Tugas bertanggung jawab untuk memutuskan manuskrip mana yang diserahkan ke jurnal akan dipublikasikan, berdasarkan validasi karya yang bersangkutan, kepentingan bagi peneliti dan pembaca, komentar mitra bebestari, dan persyaratan legal seperti yang saat ini berlaku terkait dengan fitnah, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Ketiga editor ini dapat berbicara dengan editor dan mitra bebestari lain untuk membuat keputusan ini.

Keterlibatan dan kerjasama dalam investigasi

Editor (bersama dengan penerbit dan/atau masyarakat) akan mengambil tindakan responsif saat masalah etika diajukan sehubungan dengan naskah yang diajukan atau makalah yang diterbitkan. Setiap tindakan perilaku publikasi yang tidak etis akan ditinjau, bahkan jika ditemukan beberapa tahun setelah publikasi. Editor AP-SMART mengikuti Flowchart COPE saat menangani kasus dugaan kesalahan. Jika dalam penyelidikan, masalah etis cukup beralasan, koreksi, pencabutan ulang, ekspresi kekhawatiran atau catatan lain yang mungkin relevan, akan dipublikasikan di jurnal.

 

Tugas Reviewer

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Mitra bestari membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas manuskrip melalui editor.

Kecepatan

Setiap reviewer yang dipilih yang merasa tidak memenuhi syarat / minat untuk menelaah manuskrip atau tidak mempunyai cukup waktu untuk menelaah harus segera memberitahu editor dan undur diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Setiap manuskrip diterima untuk di-review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Manuskrip harus tidak disebarkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi dari penulis adalah tidak pantas untuk disampaikan. Reviewer harus menyatakan pandangan mereka secara jelas dengan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya telah terbit yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus menyatakan ke editor jika ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang dipertimbangkan dan setiap artikel lain yang diterbitkan.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi atau ide yang diperoleh dalam proses review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer harus menolak naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan akibat kompetisi, kolaborasi, atau hubungan dan koneksi lainnya dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang berkaitan dengan manuskrip.

 

Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat dari pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif dari signifikansi risetnya. Data yang mendasari harus disertakan secara akurat di manuskrip. Sebuah manuskrip harus mengandung detail dan referensi yang cukup untuk mengizinkan orang lain untuk meniru pekerjaan. Laporan penipuan atau pemberian informasi tidak akurat secara sengaja merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi

Penulis diminta untuk memberikan data mentah yang terkait dengan manuskrip untuk editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut (konsisten dengan ALPSP-STM Pernyataan Data dan Database), jika memungkinkan, dan harus dalam hal apapun untuk menyimpan data tersebut setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan pekerjaan dan / atau kata-kata dari orang lain, maka ini telah dikutip dengan tepat.

Publikasi Ganda, Redundan dan Serentak

Seorang penulis tidak boleh mempublikasikan manuskrip yang menjabarkan esensi penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Pengiriman manuskrip yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan dari pekerjaan yang dilaporkannya.

Daftar Penulis Manuskrip

Penulis harus dibatasi hanya kepada mereka yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis pembantu. Orang atau pihak lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua penulis yang sesuai tercantum dalam manuskrip dan tidak ada penulis yang tidak sesuai, dan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari kertas dan telah sepakat untuk pengajuan untuk publikasi.

Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan

Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa melekat dalam penggunaannya, penulis harus dengan jelas mengidentifikasi ini dalam naskah.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan baik substantif atau keuangan yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi manuskrip mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek tersebut harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan signifikan dalam karya yang diterbitkannya, adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki manuskrip.