DETERMINANTS OF THE QUALITY OF PHARMACY SERVICES IN HOSPITAL DURING PANDEMIC COVID-19
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Susanto FXH, Simbolon NI, Monica E. Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. Pharmacy: Jurnal Farmasi Indonesia. 2021;18(1):10-20.
Pratomo GS, Umaternate A, Febriani T. Evaluasi Ketersediaan Obat Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya. Borneo Journal Pharmcy. 2018;1(1):51-55.
Kemenkes RI. Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. In: Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Kemenkes RI; 2020.
Antoni R. Pharmacy services during pandemic Covid-19 of Tegal District Community Health Centers (CHCs). Majalah Farmasentika. Published online 2021. https://farmasetika.com/2021/04/11/pelayanan-kefarmasian-selama-pandemi-covid-19-di-puskesmas-wilayah-kabupaten-tegal/
Kotler. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Indeks. Jakarta. 2014: 60-80.
Wira IA. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RSUD Wangaya Kota Denpasar. Jurnal Keperawatan. Published online 2018. https://media.neliti.com/media/publications/21456-ID-the-relationship-between-inpatient-expectations-of-staff-responsiveness-and-empa.pdf 2(3): 21-32.
Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan No. 58 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Vol 39. BN.2014/NO.1223, : 7 hlm.; 2014:1-54. http://kemkes.go.id.
Yulyuswarni. Mutu Pelayanan Farmasi Untuk Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalsi Farmasi Rumah Sakit Swasta. Jurnal Keperawatan. 2014;X(1):110-115.
Yusuf N. Pengaruh Persepsi Masyarakat Mengenai Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Memanfaatkan Kembali Rawatjalan RSUD Tenriawaru Bone. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2014;2(1):89-102.
Wahyuningsih R. Analisis Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Akademik Ugm Yogyakarta. Published online 2018. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/65001.
Rasnidiati KAP. Persepsi Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pada Puskesmas Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmu Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial. 2020;4(1):60-72.
Tawil M. Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Publik. 2018;2(42). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/16292: 24-36.
Sinaga S. Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan Di RS Misi Lebak. Jurnal Keperawatan Komprehensif. 2018;4(1):41-46.
Rampengan S. Persepsi Pasien Atau Keluarganya Terhadap Mutu Pelayanan Unit Gawat Darurat. Jurnal Biomedik. 2019;7(3):148-157.
Widyastika W. Hubungan Antara Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Inap Di Puskesmas Mijen Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Published online 2016. 2(1):12-24.
Sabarudin, Solo DM, B MJ, Sida NA, Asdia WO. Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Santa Anna Kota Kendari. Journal Publicuho. 2020;3(4):447.
Arifiyanti. Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo. 2018;(3(1):62-74.
Pratiwi H. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Apoteker Pada Layanan Kefarmasian Di Apotek Kecamatan Sokaraja, Baturraden, Sumbang, Dan Kedungbanteng. JPSCR: Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research. 2020;5(1):33-48.
Herjunianto. Faktor yang Mempengaruhi Cakupan Layanan Farmasi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2016;28(1):8-14.
Margiluruswati P, Irmawati LI. Analisis Ketepatan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien JKN dengan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit 2017 (Studi di UPF Rawat Jalan RSUD Bhakti Dharma Husada). Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RSDr Soetomo. 2017;3(1):115-126.
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta; 2018:92-108.
Amary A, Suprayitno S. Analisis Hubungan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di UPT Puskesmas Segiri Kota Samarinda. Borneo Student Research. 2021;2(2):1067-1073.
Rulyandari R. Persepsi Masyarakat Terhadap Kebutuhan Pelayanan Rumah Sakit Syariah di Kota Yogyakarta. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2020;5(3):153-161.
Wahyuningsih CD, Endrawanti S. Analisis Kinerja Petugas Farmasi Pelayanan Obat Pasien Rawat Jalan Di RSUD dr.R.Soedjati Soemodiardjo Purwodadi - Grobogan. Serat Acitya - Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang. 2017;6(1):55:67.
Ekadipta, Sadikin M, Yusuf MR. Kualitas Pemberian Informasi Obat pada Pelayanan Resep Berdasarkan Kepuasan Pasien BPJS Puskesmas Kecamatan Cilandak. Pharmacy Jurnal Farmasi Indonesia. 2019;16(2):244-255.
Hepler CD. Clinical Pharmacy, Pharmaceutical Care, and the Quality of Drug Therapy. Clinical Pharmacy, Pharmaceutical Care, and the Quality of Drug Therapy. 2012;24(11):1491-1498.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/dentino.v7i1.13113
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.20527/dentino.v7i1.13113.g7983
Article Metrics
Abstract view : 300 timesPDF - 305 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Us:
Faculty of Dentistry
Lambung Mangkurat University
Jalan Veteran No. 128 B Banjarmasin, Indonesia
E-mail. [email protected]
Website. fkg.ulm.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.