EFEKTIVITAS PENYULUHAN METODE IRENE’S DONUT, KONVENSIONAL, DAN VIDEO TERHADAP PERUBAHAN INDEKS PLAK PADA ANAK (Kajian pada Anak di TK Pertiwi Banjarmasin)
Abstract
ABSTRACT
Background: Teeth and mouth disease is ranked first out of ten most common diseases in Indonesia. It is portrayed in the community’s high caries index. Dental plaque is one of the dominant factors in caries formation. Preventing dental plaque can be carried out using a various numbers of efforts, one of them is dental health counseling. Purpose: The aim of this study was to assess the effectiveness of Irene’s Donut, conventional and video counseling methods on TK Pertiwi Banjarmasin children’s plaque index change. Methods: This study was quasi experimental with pre and post-test group design using purposive sampling which determined total samples of 45 subjects, divided into 3 treatment groups: Irene’s Donut method group, conventional method group and video method group. Index plaque calculation was performed using PHP-M (Personal Hygiene Performance-Modified) method. Result: This study result presented mean percentage of plaque index decreased before and after Irene’s Donut method as 82,79%, conventional method as 70,34%, and video method as 79,89%. T-test analysis of plaque index before and after counseling presented p value = 0,000 (p < 0,05) in each treatment group. One Way ANOVA test showed p value = 0,018 (p < 0,05) which indicated there was a significant difference among treatment groups. Conclusion: In conclusion, Irene’s Donut and video counseling methods was more effective in decreasing plaque index compared to conventional method.
ABSTRAK
Latar Belakang: Penyakit gigi dan mulut menduduki urutan pertama dari daftar 10 besar penyakit yang sering dikeluhan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari besarnya angka karies gigi di masyarakat. Plak gigi merupakan salah satu faktor dominan dalam perkembangan karies. Pencegahan pembentukan plak dapat dilakukan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan melakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut. Tujuan: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penyuluhan metode Irene’s Donut, konvensional, dan video terhadap perubahan indeks plak pada anak di TK Pertiwi Banjarmasin. Metode: Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan pre and post-test group design menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 45 orang dan terdiri dari 3 kelompok perlakuan, yaitu perlakuan penyuluhan metode Irene’s Donut, perlakuan penyuluhan metode konvensional, dan perlakuan penyuluhan metode video. Perhitungan indeks plak dilakukan dengan menggunakan metode PHP-M (Personal Hygiene Performance- Modified). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata penurunan indeks plak sebelum dan sesudah penyuluhan metode Irene’s Donut sebesar 82,79%, metode konvensional sebesar 70,34%, dan metode video sebesar 79,89%. Hasil analisis uji T terhadap indeks plak sebelum dan sesudah penyuluhan menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05) pada masing-masing kelompok perlakuan. Uji statistik One Way ANOVA menunjukkan hasil p = 0,018 (p < 0,05) bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antar kelompok perlakuan. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa metode Irene’s Donut dan video lebih efektif dalam menurunkan indeks plak dibandingkan dengan metode konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Sumanti V, Widarsa T, Duarsa DP. Faktor yang berhubungan dengan partisipasi orang tua dalam perawatan kesehatan gigi anak di Puskesmas Tegallalang I. Public Health and Preventive Archive 2013; 1(1).
Nurzaman, Destiani D, Dhamiri DJ. Pembangunan aplikasi system pakar untuk diagnosis penyakit gigi dan mulut pada manusia. Jurnal Algoritma 2012; 9 (12).
Kementrian Kesehatan RI. Riset kesehatan dasar 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan 2013.
Gathecha G, Anselimo M, Peter W, Jared O, Perry S. Dental caries and oral health practices among 12 years old children in Nairobi West and Mathira West Districts, Kenya. The Pan African Medical Journal 2012; 12:42.
Putri MH, Eliza H, Neneng N. Ilmu pencegahan penyakit jaringan keras dan jaringan pendukung gigi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC 2011, hal 56-60.
Riyanti E, Saptarini R. Upaya peningkatan kesehatan gigi dan mulut melalui perubahan perilaku anak. Bandung: Universitas Padjajaran 2009.
Pertiwi FN. Efektivitas penyuluhan dengan media poster dan animasi bergambar terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa usia 7-10 tahun di MI.NU Maudluul Ulum Kota Malang skripsi. Malang: Universitas Brawijaya 2013.
Sinaga ED. Skripsi efek penyuluhan dan pelatihan dalam penurunan indeks plak pada murid-murid kelas IV dan V di dua SD negeri jalan Setia Budi no.6 Medan skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara 2001.
Linda M. Penurunan indeks plak antara metode peragaan dan video pada penyuluhan kesehatan gigi anak usia 8-9 tahun skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara 2011.
Adyatmaka I. Model simulator risiko karies gigi pada anak prasekolah. Disertasi. Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. 2008.
Adyatmaka I. Donut Irene ―Simulator Risiko Karies‖. Jakarta: CHAMPS-FKM Universitas Indonesia 2011
Kementerian Kesehatan RI. Pedoman usaha kesehatan gigi sekolah (UKGS) 2012.
Maulana HDJ. Promosi kesehatan. Jakarta: EGC, 2009.
Kumboyono. Perbedaan efek penyuluhan kesehatan menggunakan media cetak dengan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan pasien tuberculosis. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan 2011; 7 (1).
Wirawan S, Abdi LK, Sulendri NKS. Penyuluhan dengan media audio visual dam konvensional terhadap pengetahuan ibu dan anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat 2014; 10 (1): 80-87.
Notoatmodjo S. Pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/dentino.v1i1.418
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.20527/dentino.v1i1.418.g340
Article Metrics
Abstract view : 3179 timesPDF - 5422 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Us:
Faculty of Dentistry
Lambung Mangkurat University
Jalan Veteran No. 128 B Banjarmasin, Indonesia
E-mail. [email protected]
Website. fkg.ulm.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.