FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KOGNITIF PADA MAHASISWA DI TINJAU DARI PENGATURAN RUANG KELAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja kognitif pada mahasiswa ditinjau dari pengaturan ruang kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2016 sebanyak 4 orang subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke empat orang subjek mengaku bahwa adanya pengaturan ruang kelas berdampak positif terhadap kinerja kognitif mereka di dalam kelas, seperti pengaturan suhu ruangan, metode yang digunakan terkait dengan variasi tempat duduk, luas ruangan, pencahayaan, termasuk sikap dan kemampuan pengajar dalam memberikan materi kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka penelitian ini dapat digunakan sebagai studi awal bagi penelitian penelitian tentang psikologi ingkungan yang lebih luas dan kaitannya dengan setting pendidikan. Selain itu setelah mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi kinerja kognitif pada mahasiswa di dalam ruang kelas maka penelitian ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan pengajar mengenai pentingnya pengaturan ruang kelas bagi kinerja kognitif mahasiswa di dalam pembelajaran yang akan diterapkan.
Keywords
References
Ahmadi, A & Uhbiyati , N (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
Arnoldd .Froese etc (2012). EffectsofclassroomcellphoneUseonexpectedandactuallearning. Journal Of Collage Students. 46(2):323-332.
Asmani, J.M (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM : Pembelajaran Aktif, dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.
Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.
Creswell, J. W. (2010). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Duraisy, Bahrur Rosyidi. Pengelolaan Kelas Dalam Konteks Secara Fisik dan Non Fisik. (ebook).
Puspitaningrum, Ervina. (2017). Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SD Negeri Minomartani 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1
Rahayu, Iin Tri., Ardani, Tristiadi Ardi.(2004). Observasi dan Wawancara. Bayumedia Publishing, Malang.
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.
Jill T. Shelton. etc (2009) The distracting effects of a ringing cell phone: An investigation of the laboratory and the pengaturan ruang kelas. Journal of Environmental Psychology. (29) :513–521.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Srimindarti, Ceacila. (2006). Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja.Jurnal: fokus ekonomi.
Article Statistic
Abstract view : 2741 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 1968 times
Dimensions Metrics
Article History
Submited : 22 November 2018Published : 30 December 2018
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Marina Dwi Mayangsari, Jayanti Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.