FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KOGNITIF PADA MAHASISWA DI TINJAU DARI PENGATURAN RUANG KELAS

Marina Dwi Mayangsari(1*),Jayanti Puji Astuti(2)
(1) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran,Universitas Lambung Mangkurat
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.20527/ecopsy.v5i3.5568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja kognitif pada mahasiswa ditinjau dari pengaturan ruang kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2016 sebanyak 4 orang subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke empat orang subjek mengaku bahwa adanya pengaturan ruang kelas berdampak positif terhadap kinerja kognitif mereka di dalam kelas, seperti pengaturan suhu ruangan, metode yang digunakan terkait dengan variasi tempat duduk, luas ruangan, pencahayaan, termasuk sikap dan kemampuan pengajar dalam memberikan materi kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka penelitian ini dapat digunakan sebagai studi awal bagi penelitian penelitian tentang psikologi ingkungan yang lebih luas dan kaitannya dengan setting pendidikan. Selain itu setelah mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi kinerja kognitif pada mahasiswa di dalam ruang kelas maka penelitian ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan pengajar mengenai pentingnya pengaturan ruang kelas bagi kinerja kognitif mahasiswa di dalam pembelajaran yang akan diterapkan. 

 

Keywords


kinerja kognitif, pengaturan ruang kelas, mahasiswa psikologi

References


Ahmadi, A & Uhbiyati , N (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Arnoldd .Froese etc (2012). EffectsofclassroomcellphoneUseonexpectedandactuallearning. Journal Of Collage Students. 46(2):323-332.

Asmani, J.M (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM : Pembelajaran Aktif, dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.

Creswell, J. W. (2010). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Duraisy, Bahrur Rosyidi. Pengelolaan Kelas Dalam Konteks Secara Fisik dan Non Fisik. (ebook).

Puspitaningrum, Ervina. (2017). Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SD Negeri Minomartani 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1

Rahayu, Iin Tri., Ardani, Tristiadi Ardi.(2004). Observasi dan Wawancara. Bayumedia Publishing, Malang.

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.

Jill T. Shelton. etc (2009) The distracting effects of a ringing cell phone: An investigation of the laboratory and the pengaturan ruang kelas. Journal of Environmental Psychology. (29) :513–521.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Srimindarti, Ceacila. (2006). Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja.Jurnal: fokus ekonomi.


Article Statistic

Abstract view : 2741 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 1968 times

Dimensions Metrics

Article History

Submited : 22 November 2018
Published : 30 December 2018

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Marina Dwi Mayangsari, Jayanti Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.