Peningkatan Kemampuan Berhitung pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Permainan Kartu

Suparman Suparman

Abstract


Dalam pembelajaran, guru hendaknya menggunakan alat peraga untuk memperjelas pelajaran yang disampaikan. Pemilihan alat peraga hendaknya disesuaikan dengan kondisi anak dan keadaan sekolah yang ada. Kenyataan yang terjadi pada pembelajaran di sekolah, guru dalam menyampaikan pelajaran berhitung kepada anak tunagraahita ringan menggunakan alat peraga hitung jari. Padahal alat peraga hitung jari mempunyai keterbatasan. Permainan merupakan suatu selingan pemberian media atau alat peraga yang bisa digunakan di kelas sehingga membuat suasana lingkungan belajar menjadi menyenangkan, bahagia, santai, namun tetap memiliki suasana yang kondusif, sehingga dengan menggunakan media permainan kartu diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar berhitung pada anak berkebutuhan khusus, khususnya anak tunagrahita ringan. Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan prestasi belajar berhitung pada anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala Tahun 2013/2014. Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif komperatif, yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SLB Negeri Marabahan yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengambilan data berupa tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji deskriptif komparatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media permainan kartu dapat meningkatkan prestasi belajar berhitung pada anak tunagrahita ringan. Nilai rata-rata awal siswa tunagrahita Kelas IV SLBN Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala pada mata pelajaran berhitung/ matematika adalah sebesar 42,50. Setelah dilakukan tindakan kelas pertama siklus I nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran berhitung menjadi 65,83. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan nilai rata-rata sebesar 55,09%. Setelah dilakukan tindakan kelas kedua (siklus II) nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran ini meningkat menjadi 72,50. Kondisi ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan nilai rata-rata siswa sebesar 68,52% atau berada pada kategori baik (berhasil). Dengan demikian, penggunaan media permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala Tahun 2013/2014

 

Kata kunci: Anak tunagrahita ringan, berhitung, dan permainan kartu.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdikbud. 1984. Kurikulum Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian C Ringan. Jakarta:Depdikbud

Depdikbud. 1984. Pedoman Guru Matematika Untuk SLB Bagian C. Jakarta: Depdikbud

Ibrahim, H, dkk. 2000. Media Pembelajaran. Malang: Universitas negeri Malang

I.G.A.K. Wardani, Tati Hernawati, Astati. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.

Hardiman, ML. 1990. Kemampuan Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Munadi, Yudi. 2008. Jenis-Jenis Media. Jakarta: Gaung Persada Press

Pakasi,S. 1970. Didaktik Berhitung serta Metodik Chusus. Jakarta: Bhratara.

Pakasi, S. 1970. Pengertian Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Purwoto. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press.

Sumekar, Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus. Padang:UNP Press.

Suparlan, JB. 1983. Pengantar Pendidikan Anak Mental Subnormal. Yogyakarta: Pustaka Pengarang.

Suriasumantri, J.S. 1998. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sustina. 1984. Kemampuan Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Tim. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tirtonagoro, S. 2001. Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Gramedia.

Widyadani, SB. 2008. Media dan pembelajarannya. Bandung: CV media Perkasa.

Wantah, Maria J. 2007. Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.641

Article Metrics

Abstract view : 3393 times
PDF - 1483 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

 

Lisensi Creative Commons
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.