IMPLEMENTASI METODE JOLLY PHONICS BERMUATAN NILAI ISLAMI UNTUK PENGENALAN HURUF DAN KEMAMPUAN MELAFALKAN FONEM BAGI ANAK USIA DINI
Abstract
Abstract
The Implementation of Jolly Phonics with Islamic Values to Introduce Letters and Pronunciation for Toddler. The success in introducing letters to early childhood cannot be separated from how the stimulus method is used. But many do not yet know how to effectively introduce letters to early childhood. The Jolly Phonics method is a method that teaches reading by means of synthesizing letter sounds to read words and teach sounds of letters in a multisensory manner. Data collection techniques are observation and documentation. The results showed that the Islamic jolly phonics method can increase the enthusiasm of students in the teaching and learning process, improve the ability to recognize letters and the ability to recite phonemes.
Key words: jolly phonics, alphabet, phoneme, islamic
Abstrak
Implementasi Metode Jolly Phonics Bermuatan Nilai Islami untuk Pengenalan Huruf dan Kemampuan Melafalkan Fonem bagi Anak Usia Dini. Keberhasilan dalam memperkenalkan huruf pada anak usia dini tidak lepas dari bagaimana metode stimulus yang digunakan. Namun banyak sekali yang belum mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk memperkenalkan huruf pada anak usia dini. Metode Jolly Phonics merupakan metode yang mengajarkan membaca dengan menggunakan cara sintesa bunyi huruf untuk membaca kata dan mengajarkan bunyi huruf-huruf secara multisensori. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dengan bentuk Check List. Indikator yang diteliti yakni kemampuan menyebutkan huruf-huruf dan melafalkan fonem huruf. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan metode jolly phonics islami dapat meningkatkan semangat anak didik dalam proses belajar mengajar, meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan kemampuan melafalkan fonem.
Kata-kata kunci: jolly phonics, huruf, fonem, islami
Full Text:
PDFReferences
Hurlock, E. B. (TT). Perkembangan Anak, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Madjid, A. (2004). Di Bawah Asuhan Nabi, Praktek Nabi Mendidik Anak, Jakarta: Hidayah Illahi.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pranowo. (2017). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puspitasari, A.D., Hafidah, R., dan Sujana, Y. (2016). Pengaruh Phonics Method Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kertonatan. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8644.
Ramadhan, S.A.A. dan Damayanti D. (2017). Pengaruh Pemberian Metode Jolly Phonics terhadap Kemampuan Membaca Permulaan yang Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas 1 di SD Yayasan Padjajaran. Prosiding Psikologi Vol 3, No 1, (Februari), hlm. 113-117.
Seefeldt, C. & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Solahuddin, dkk. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.
Sudiarta, I. W. (2017). Pengaruh Metode Jolly Phonics terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris pada Anak Kelompok B TK Mahardika Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, Vol 1, No 3, hlm. 240-251.
Sukardi. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas, Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas, Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8396
Article Metrics
Abstract view : 693 timesPDF - 1701 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
OAI 2.0
Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya (JBSP) by Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Lambung Mangkurat is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International