Pengembangan bahan ajar renang berbasis aplikasi construct untuk guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan

Dwi Fahrulzaini Samiaji, Ari Wibowo Kurniawan

Abstract


Perkembangan teknologi mendorong banyak perubahan dalam pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk lebih berinovasi serta dapat memberikan manfaat yang baru pada dunia pendidikan. Penelitian  ini ditujukan untuk mengetahui kebutuhan guru sekaligus membantu mengembangkan pembelajaran materi renang pada jenjang sekolah menengah pertama untuk menghadapi perkembangan zaman dengan memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi berupa pengembangan aplikasi. Peneliti mengembangkan pembelajaran materi renang berbasis aplikasi untuk guru mata pelajaran PJOK SMP di Kabupaten Malang. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan menurut Sugiyono dengan menggunakan 8 tahapan. Hasil validasi didapat dari para ahli yaitu ahli pembelajaran sebesar 92%, ahli materi renang sebesar 84%, serta ahli media sebesar 100%. Uji coba dilakukan kepada 40 guru yang tergabung dalam MGMP PJOK Kabupaten Malang mendapatkan hasil sebesar untuk kelompok kecil sebanyak 89% serta untuk kelompok besar sebanyak 91%. Berdasarkan data hasil yang telah diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi ini sangat valid sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran guru PJOK.

Keywords


pengembangan; pembelajaran; pendidikan jasmani; aplikasi; renang

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107

Apriyanto, A., & Lasodi, I. S. (2016). Pembuatan Game Labirin menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Online. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(2), 64–72. http://jesik.web.id/index.php/jesik/article/view/53

Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(2), 261–267. https://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8540

Ayuningsih, D., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W. I. (2020). Pengembangan e-comic sebagai media pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika untuk siswa smp. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 11–15. https://forum.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/sendika/article/view/1191

Dwijayani, N. M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42-51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, ISSN: 2654-8607, 93–97.

Gunawan, D. C., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Sepakbola Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 4(3), 207–218. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p207-218

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Hamid, M. A., Ramdhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 189. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Huda, I. A. (2020). Irkham Abdaul Huda,Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,Jurnal Pendidikan dan Konseling,Vol2No1,2020:hal121. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan MISSIO, 10(1), 48-52. Retrieved from https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 979. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12645

Mashud, M., Tangkudung, J., & Widiastuti, W. (2018). Swimming Lesson Based on Interactive Multimedia. International Journal of Sports Science, 8(3), 91–96. https://doi.org/10.5923/j.sports.20180803.04

Mashud, M., & Widiastuti, W. (2018). Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Berbasis Multimedia Interaktif. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(2), 119–133. https://doi.org/10.21009/gjik.092.05

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran. Deepublish. Yogyakarta.

Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133

Nasution, R. D. (2017). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 21(1), 30–42. https://international.hunters.com/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-komunikasi_YToxMjoy.pdf

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio, 7(2). 300-308. https://doi.org/ 10.31949/educatio.v7i2.995

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(5), 254–263. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p254-263

Ridho, F., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Aplikasi Android Contruct 2 untuk Media E-Learning pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 165–171. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4037

Saputro, G. E., Hanief, Y. N., Herpandika, R. P., & Saputro, D. P. (2018). Modul tutorial sebagai media pembelajaran pencak silat untuk siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 130–138. https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.21099

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika, 1(2), 195–211. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.

Sulastri, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Passing Bawah dengan Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli dengan Menggunakan Bola Gantung untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN 2 Ketandan Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 122–127. https://doi.org/10.20961/jpd.v7i2.44459

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran. In Ilyas ed. CV Jejak anggota IKAPI.

Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Sindimas, 139–143. http://doi.org/10.30700/sm.v1i1.552

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUrnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(3), 395–400. http://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Winata, K. A. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Dan Kreatif Untuk Menghadapi Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 12–24. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i1.193

Wiradihardja, S. (2017). Pengembangan Model Latihan Gerak Multilateral Cabang Olahraga Renang. Jurnal Penjakora, 3(1), 49–65. https://doi.org/10.23887/penjakora.v3i1.11668

Yudha Prawira, A., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300–308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995

Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), pp. 274-285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480

Zikri, A. (2019). Tinjauan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Olahraga Renang di SMA Negeri 3 Solok. Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 7–11. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/180




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i1.14660

Article Metrics

Abstract view : 516 times
PDF - 629 times Similarity Check - 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats