Pengembangan bahan ajar renang berbasis aplikasi construct untuk guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
Abstract
Keywords
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107
Apriyanto, A., & Lasodi, I. S. (2016). Pembuatan Game Labirin menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Online. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(2), 64–72. http://jesik.web.id/index.php/jesik/article/view/53
Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(2), 261–267. https://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8540
Ayuningsih, D., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W. I. (2020). Pengembangan e-comic sebagai media pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika untuk siswa smp. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 11–15. https://forum.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/sendika/article/view/1191
Dwijayani, N. M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42-51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, ISSN: 2654-8607, 93–97.
Gunawan, D. C., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Sepakbola Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 4(3), 207–218. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p207-218
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Hamid, M. A., Ramdhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 189. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Huda, I. A. (2020). Irkham Abdaul Huda,Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,Jurnal Pendidikan dan Konseling,Vol2No1,2020:hal121. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan MISSIO, 10(1), 48-52. Retrieved from https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54
Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 979. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12645
Mashud, M., Tangkudung, J., & Widiastuti, W. (2018). Swimming Lesson Based on Interactive Multimedia. International Journal of Sports Science, 8(3), 91–96. https://doi.org/10.5923/j.sports.20180803.04
Mashud, M., & Widiastuti, W. (2018). Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Berbasis Multimedia Interaktif. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(2), 119–133. https://doi.org/10.21009/gjik.092.05
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran. Deepublish. Yogyakarta.
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133
Nasution, R. D. (2017). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 21(1), 30–42. https://international.hunters.com/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-komunikasi_YToxMjoy.pdf
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio, 7(2). 300-308. https://doi.org/ 10.31949/educatio.v7i2.995
Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(5), 254–263. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p254-263
Ridho, F., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Aplikasi Android Contruct 2 untuk Media E-Learning pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 165–171. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4037
Saputro, G. E., Hanief, Y. N., Herpandika, R. P., & Saputro, D. P. (2018). Modul tutorial sebagai media pembelajaran pencak silat untuk siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 130–138. https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.21099
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika, 1(2), 195–211. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.
Sulastri, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Passing Bawah dengan Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli dengan Menggunakan Bola Gantung untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN 2 Ketandan Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 122–127. https://doi.org/10.20961/jpd.v7i2.44459
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran. In Ilyas ed. CV Jejak anggota IKAPI.
Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Sindimas, 139–143. http://doi.org/10.30700/sm.v1i1.552
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUrnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(3), 395–400. http://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
Winata, K. A. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Dan Kreatif Untuk Menghadapi Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 12–24. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i1.193
Wiradihardja, S. (2017). Pengembangan Model Latihan Gerak Multilateral Cabang Olahraga Renang. Jurnal Penjakora, 3(1), 49–65. https://doi.org/10.23887/penjakora.v3i1.11668
Yudha Prawira, A., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300–308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995
Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), pp. 274-285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480
Zikri, A. (2019). Tinjauan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Olahraga Renang di SMA Negeri 3 Solok. Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 7–11. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/180
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i1.14660
Article Metrics
Abstract view : 516 timesPDF - 630 times Similarity Check - 175 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.