Pengembangan aktivitas jasmani siswa sekolah dasar kelas atas melalui permainan lempar kejar bola: Studi keefektifan pembelajaran PJOK

Sakti Abrian Pratama, Advendi Kristiyandaru, Anung Priambodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PJOK siswa sekolah dasar kelas atas melalui model permainan yang terdiri dari 8 jenis permainan (1) Lempar Kejar Bola Melingkar, (2) Lempar Kejar Bola Persegi, (3) Lempar Kejar Bola Zig-Zag, (4) Lempar Kejar Bola Memanjang, (5) Lempar Kejar Bola Segitiga, (6) Lempar Kejar Bola Segi Lima, (7) Lempar Kejar Bola Segi Enam, (8) Lempar Kejar Bola Segi Delapan. Adapun penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D dari Borg & Gall dengan sepuluh tahapan yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 15 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 95 siswa untuk uji coba kelompok lapangan. Hasil validasi produk dari ahli pembelajaran mendapatkan persentase 60% yang berarti VALID dan dari ahli media pembelajaran mendapatkan persentase 60% yang berarti VALID. Hasil tes yang dilakukan pada uji coba kelompok kecil terdapat 8 orang memperoleh nilai 40-58% yang berarti (cukup), dan 7 orang mendapatkan nilai 60-79% yang berarti (baik). Untuk uji coba lapangan terdapat 4 orang memperoleh nilai 40-58% yang berarti (cukup), 13 orang dengan rentang nilai 60-79% yang berarti (baik), dan 93 orang mendapatkan rentang nilai > 80 yang berarti (sangat baik).


Keywords


model aktivitas jasmani; efektivitas pembelajaran; permainan lempar kejar bola

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Alfin, J., Fatin, A., Ningrum, A., Ummah, K., Anshori, M., Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Hasmiati. (2022). Dampak Transisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ke Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–40. https://doi.org/10.53621/jippmas.v2i1.79

Aryadi, D., & Daulay, D. E. (2019). Pembelajaran Gerak Dasar Lari melalui Permainan. Jurnal Prestasi 3(6), 87-92. https://doi.org/10.24114/jp.v3i6.15900

Basri, H. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Gerak Dasar Lompat Jauh melalui Modifikasi Alat Ban Sepeda dan Kardus pada Siswa Kelas V di SDN XVI Margahayu Bekasi. Jurnal Genta Mulia, 9(2), 107-116. https://doi.org/10.61290/gm.v9i2.544

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., & Toharudin, T. (2021, December). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 di Indonesia. In E-Prosiding Seminar Nasional Statistika. Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran (Vol. 10, pp. 27-27).

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Faridh, H. (2021, August 9). Pelajaran PJOK di Masa Pandemi dengan Sistem Daring. https://al-adzkar.sch.id/.

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hastuti, R. K. (2021, July 23). Kabar Terbaru dari Menteri Nadiem soal Sekolah Tatap Muka. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210723005108-4-262962/kabar-terbaru-dari-menteri-nadiem-soal-sekolah-tatap-muka

Imawati, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. Patria Educational Journal (PEJ), 1(1), 87–93. https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.439

Jamilah, J. (2020). Guru Profesional di Era New Normal: Review Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 238-247. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Lestari, D. F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani melalui Permainan Tradisional bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, 8(1), 7–12. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33742

Lufthansa, L. (2016). Model Pembelajaran Atletik Nomor Lempar Lembing untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 59-66. https://doi.org/10.21831/jpji.v12i2.17103

Khairani, F., Ningtias, I. W. U., & Destini, F. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Perkuliahan E-Learning pada Mata Kuliah Landasan Kependidikan. Jurnal Basicedu, 5(6), 5530–5541. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1582

Munendra, A. W., & Lumintuarso, R. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Lempar Lembing untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Keolahragaan, 3(2), 127-138. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6224

Mashud, M., & Ihwanto, N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V melalui Google Meet disertai Video Pembelajaran. Jendela Olahraga, 7(1), 35–49. http://dx.doi.org/10.26877/jo.v6i1.6225

Mashud, M., Warni, H., Arifin, S., Ferry, M., Pebriyandi, P., & Kristiyandaru, A. (2021). The Application of Discord as an Effort to Increase Students’ Wellbeing in Physical Education Learning During the Covid-19 Emergency. Journal Sport Area, 6(3), 335–348. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).6612

Pebriyandi, P., Warni, H., & Mashud, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Aplikasi Whatsapp pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(2), 61–68. http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v4i2.50262

Parta, I. B. M. A., Kanca, I. N., Dwi, N. P., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Survei Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 151–156. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK

Prayitno, P., & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171-181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119

Murdiyanto, A. S. (2010). Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jangkit pada Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Disertasi Universitas Sebelas Maret.

Nugroho, A. H. (2019). Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Koordinasi dan Ketepatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta.

Pamungkas, T. S., & Hariyoko. (2018). Pengaruh Metode Drill dan Metode Barrier Hops terhadap Hasil Belajar Shooting. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(1), 46-51. http://dx.doi.org/10.17977/um040v2i1p46-51

Perkasa, G. (2022, January 11). Studi: Banyak Remaja yang Kurang Olahraga, Apa Akibatnya? Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judStudi: Banyak Remaja yang Kurang Olahraga, Apa Akibatnya? https://Lifestyle.Kompas.Com/.

Pratama, L., & Arruan, L. V. (2021). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Dan Kecepatan Lari Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Smp Muhammadiyah. Unimuda Sport Jurnal, 1(2), 26–31. https://unimuda.e-journal.id/unimudasportjurnal/article/view/1144

Quezada, R. L., Talbot, C., & Quezada-Parker, K. B. (2020). From Bricks and Mortar to Remote Teaching: A Teacher Education Program‘s Response to COVID-19. Journal of Education for Teaching, 46(4), 472–483. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1801330

Rustandi, R., & As, E. (2023). Komunikasi Virtual pada masa Pandemi Covid-19. AL-IBANAH, 8(1), 71–76. https://doi.org/10.54801/ibanah.v8i1.163

Salim, A. (2022). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Muttaqien Sumberejo Troso Klaten. El-Hayah, 12(1). https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/index/search/authors/view?givenName=Abdul&familyName=Salim&affiliation=uin%20raden%20mas%20said%20surakarta&country=ID&authorName=Salim%2C%20Abdul

Solihat, A. N., Sadiah, A., & Gumilar, G. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Learning Loss dan Implikasinya terhadap Learning Outcome. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 12(1), 12. https://doi.org/10.24036/011167270

Sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i3.1486

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i3.15429

Article Metrics

Abstract view : 488 times
PDF - 200 times Similarity Check - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats