Kualifikasi, profesionalisme, kerja tambahan, karir dan kepuasan kerja guru PJOK pada jenjang pendidikan menegah atas

Muhamad Sholehudin, Sakban Rosidi, Susilo Bekti

Abstract


Kebutuhan guru pendidikan jasmani yang profesional sangat tinggi, dalam rangka menanggapi tantangan zaman modern. Seiring dengan itu banyak dinyatakan beberapa praktisi bahwa guru pendidikan jasmani secara umum belum menunjukkan profesionalnya. Permasalahan tersebut tidak akan pernah surut, jika pembenahan secara komprehensif dan berkelanjutan kepada guru PJOK tidak dilakukan secara maksimal. Tingkat profesionalisme guru PJOK diyakini akan menyegarkan dan meningkatkan kemampuan guru PJOK ke level yang lebih baik. Tampak jelas bahwa dari delapan jalur hubungan antara variabel dalam model, ternyata hanya ada tiga jalur yang memiliki nilai koefisien korelasi yang signifikan, yaitu: keprofesionalan (X1) terhadap kepuasan kerja (Y) dan karir (X4) terhadap kepuasan kerja (Y). Berdasarkan model awal yang diajukan tidak memenuhi persyaratan untuk analisis lebih lanjut dengan menggunakan analisis jalur, maka analisis lanjutan tidak dilaksanakan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa variabel pendidikan tidak berhubungan dengan semua variabel di dalam model. Demikian pula, variabel kegiatan tambahan, tidak memiliki hubungan dengan semua variabel lain di dalam model. Hanya variabel karir dan profesionalisme yang berhubungan dengan kepuasan kerja guru PJOK. Berkenaan dengan temuan tersebut, disimpulkan bahwa kepuasan kerja guru PJOK disumbang utamanya oleh dua variabel yaitu variabel profesionalisme dan karir fungsional guru. Semakin baik karir guru, maka semakin tinggi tingkat kepuasan guru PJOK. Juga, semakin tinggi rasa profesionalisme guru PJOK, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerja guru PJOK.

Keywords


kualifikasi; kinerja; karir; kerja tambahan; kepuasan kerja

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Ali, M. (2011). Kontribusi Status Gizi dan Motivasi Belajar Terhadap dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Indonesia, 8(1), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3485

Annas, M. (2014). Profil Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa PJKR Jalur Undangan Tahun 2012/2013. Jurnal Olahraga Pendidikan, 1(1), 1–7

Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, & Tasrial. (2015). Pengembangan Karir Profesi Guru. Yogyakarta: Gava Media.

Djaali, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun 2003, No. 20. Jakarta.

Karlinger, F. N., & Pedhazur, E. J. (1973). Multiple Regression in Behavioral Research. New York: Holt, Rrinehart, and Winston.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Prawira, P. A. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Prespektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rosidi, S. (2016). Penelitian Tindakan Profesi Pendidik. Malang: NAMS.

Rosidi, S. (2019). Analysing Research Data Using SPSS. Malang: Pascasarjana IKIP Budi Utomo.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhardiman, B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintah dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i3.16121

Article Metrics

Abstract view : 410 times
PDF - 263 times Similarity Check - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats