Penerapan model problem base learning dalam pembelajaran gerak dasar manipulatif

Muhammad Nurdin Syaputra, Herita Warni

Abstract


Pendidikan jasmani merupakan bagian dalam pendidikan yang secara keseluruhan mempunyai tujuan dalam membangun aspek kebugaran jasmani, kemampuan gerak, kemampuan dalam berfikir kritis, prilaku moral, mengenal kondisi lingkungan yang bersih melalui kegiatan jasmani yang telah direncanakan secara tersusun sebagai upaya mencapai tujuan pendidikan. Gerak yang terdapat dalam materi pembelajaran pendidikan jasmani pada jenjang sekolah dasar dan harus dikuasai oleh siswa terdiri atas tiga gerak dasar yakni; lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif. dalam kegiatannya, gerak manipulatif yang dilakukan oleh siswa hanya berlangsung secara konservatif atau semata berpusat pada guru sehingga gerak manipulatif yang dihasilkan oleh siswa seringkali didapati keliru karena kurangnya perhatian saat guru memberikan materi serta kemampuan berfikir kritis yang kurang. dalam hal ini penggunaan model pembelajaran problem base learning (PBL)  dapat dijadikan pilihan dalam proses kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani dengan mengorintasikan siswa dalam masalah untuk memperoleh kualitas gerak manipulatif dan mendorong kemampuan siswa untuk dapat aktif saat pembelajaran berlangsung serta mendorong siswa dalam berfikir kritis. Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan model problem base learning pada proses pembelajaran gerak manipulatif.


Keywords


problem base learning; pembelajaran; gerak manipulatif

Full Text:

PDF

References


Hanania, R., I, E. Z., Utomo, R. S., & Dwiyogo, W. D. (2022). B RAVO ’ S Peran Pendidikan Jasmani Terhadap Aktivitas Fisik Siswa. Bravo’s Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Keseha, 10, 325–332. http://dx.doi.org/10.32682/bravos.v10i4/2798

Harefa, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 116–131. https://doi.org/Harefa, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 116–131. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telambanua, T., & Hulu, F. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08, 325–332. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Kurniawan, R., Paulina Heynoek, F., Winda Wijayanti, A., & Ilmu Keolahragaan, F. (2022). Pengembangan Modul Guru Pada Materi Variasi dan Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif untuk SMALB Developing Teacher Modules in Learning Materials for Variations and Combinations of Locomotor and Manipulative Movements for SMALB. Physical Activity Journal (PAJU), 3(April 2022). https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.3.2.5480

Loprinzi, P. D., Davis, R. E., & Fu, Y. C. (2015). Early motor skill competence as a mediator of child and adult physical activity. Preventive Medicine Reports, 2, 833–838. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2015.09.015

Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 54–66. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3055

Maïano, C., Hue, O., & April, J. (2019). Effects of motor skill interventions on fundamental movement skills in children and adolescents with intellectual disabilities: a systematic review. Journal of Intellectual Disability Research, 63(9), 1163–1179. https://doi.org/10.1111/jir.12618

Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di era abad 21. 14, 89–196. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v14i2.2471

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Indonesia Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Nurunnabilah, N., Abdul Gani, R., & Gustiawati, R. (2022). Pengaruh Permainan Gerak Manipulatif Terhadap Konsentrasi Belajar. Jurnal Porkes, 5(2), 498–509. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6109

Octavian, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Deepublish.

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Priyanto. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif lempar tangkap dan pukul pada peserta didik kelas V SDN Turi 2 Kec. Panekan. Jurnal Kepelatihan Olahraga Smart Sport, 18, 56–62. https://jurnal.uns.ac.id/smartsport/article/view/48509/pdf

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscinza, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v7i2

Yusmawati, Y., Rihatno, T., & Rismawanti, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Melempar Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Iii Sdn 03 Jelambar Baru Jakarta Barat. Jurnal Segar, 8(2), 80–89. https://doi.org/10.21009/segar/0802.04




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16365

Article Metrics

Abstract view : 594 times
PDF - 615 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats