Integrasi model pembelajaran project-based learning dengan gaya mengajar inklusi dalam pembelajaran keterampilan bola voli

Muhammad Yudhi Ardinnata, Mashud Mashud

Abstract


Pendidikan Jasmani memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Melalui prosesnya, siswa diharapkan dapat menguasai keterampilan pada aspek psikomotornya. Namun tanpa melupakan aspek kognitif dan sosial sebagai tujuan dari pembentukan karakter siswa itu sendiri. Kemampuan psikomotor yang disajikan mempunyai ruang lingkup luas. Salah satunya adalah keterampilan bola voli yang terdiri dari teknik dasar servis, passing, smash dan blocking. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan dapat menentukan hasil akhir dari tujuan sebuah pembelajaran. Model pembelajaran yang dirasakan tepat pada sekarang ini adalah model pembelajaran yang terpusat pada siswa. Model pembelajaran project based learning membantu siswa dalam pengembangan kemampuan secara mandiri. Proyek yang dikerjakan mengarahkan siswa untuk menemukan pemecahan masalah yang sedang dihadapi. Pengaturan jadwal pelaksanaan disepakati pada awal pembelajaran sehingga target penyelesaian dapat ditentukan. Model pembelajaran lainnya adalah gaya mengajar inklusi. Gaya mengajar ini memiliki ciri khas yakni terdapat tes awal serta penentuan level-level dalam aktifitas geraknya. Selanjutnya, diperlukan inovasi baru terhadap model pembelajaran. Integrasi dari kedua model tersebut adalah salah satu solusi yang efektif. Sehingga pada paper ini bertujuan untuk mengkaji integrasi model project based learning dan gaya mengajar inklusi khususnya dalam pembelajaran keterampilan bola voli.

Keywords


integrasi; model pembelajaran project-based learning; gaya mengajar inklusi; keterampilan bola voli

Full Text:

PDF

References


Coyne, J., Hollas, T., & Potter, J. P. (2016). Jumping In: Redefining Teaching and Learning in Physical Education Through Project-Based Learning. Strategies, 29:1(1), 43–46. https://doi.org/10.1080/08924562.2016.1113910

Doni Juni Priansa. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. In Cv. Pustaka Setia. Pustaka Setia. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11959

Edukasi, J. P., Fauzi, A., Kristiyandaru, A., Rachman, A., Tuasikal, S., Olahraga, P., Universitas, P., & Surabaya, N. (2021). Media Pembelajaran Gaya Mengajar Komando. Jurnal Pena Edukasi, 8(1), 33 – 42. https://doi.org/doi.org/10.54314/jpe.v8i1.540

Ferawati, F., & Mashud, M. (2022). Gaya Mengajar Inklusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Spesifik Servis Bawah Bolo Voly Siswa Kelas VII. Jurnal Patriot, 4(4), 273–286. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.870

Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Tehadap Kemampuan Servis Atas Atlet Bolavoli. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i1.6496

Gustiawati, R., Fahrudin, & Syafei, M. M. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 33–40. https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.55

Marheni, E., Purnomo, E., & Jermaina, N. (2020). The Influence Of Project Based Learning Learning Outcomes And Gender In Learning Sport Physical And Health (PJOK) In Schools. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.33369/jk.v4i2.12412

Martiani, M. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 480–486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.337

Mashud, M., Rahmani, M., Mu’arifin, M., Purwanto, D., Tantri, A., & Wulandari, A. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa Di Indonesia : Article Review. Jendela Olahraga, 7(2), 78–94. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11973

Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Penjakora, 6(2), 119. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898

Rohman, U., & Wibowo, S. (2019). Upaya Memperbaiki Hasil Belajar Servis Forehand Tinggi Dalam Pembelajaran Bulu Tangkis Dengan Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 22 Surabaya Tahun Pelajaran 2018-2019. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 111–117. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5717

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. PT Remaja Rosdakarya.

Sara, I. A., & Mashud. (2016). Penerapan Pembelajaran Servis Atas Bolavoli Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X Di SMK Grafika PGRI-Pakis. Jurnal Multilateral, 15, 154–159. https://doi.org/10.20527/multilateral.v15i2.2743

Sari, D. M. M., & Prasetyo, Y. (2021). Project-based-learning on critical reading course to enhance critical thinking skills. Studies in English Language and Education, 8(2), 442–456. https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.18407

Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55. https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a5.2017

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039

Zen, F., & Ardiansyah, H. (2016). Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Menggunakan Media Modifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Pada Siswa Kelas IX SMP N 1 SOSA Kabupaten Padang Lawas Tahun Ajaran 2015/2016. Physical Education, Health And Recreation, 1(1). https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i1.4774




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16399

Article Metrics

Abstract view : 428 times
PDF - 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats