Penerapan pembelajaran diferensiasi mengoptimalkan minat dan bakat murid dalam pembelajaran pjok smp al azhar mandiri palu

Adisjam Adisjam, Andi Saparia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan minat dan bakat siswa SMP Al Azhar Mandiri Palu melalui sistem pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini mengkaji tentang Pembelajaran Diferensiasi. Pembelajaran diferensiasi terdiri atas diferensiasi konten, proses dan produk. Kita dapat menerapkan sekaligus ke-3 diferensiasi tersebut apabila telah menguasai tehnik dan siap dengan rancangan pembelajaran serta media yang dibutuhkan. pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berpusat kepada siswa, dengan memperhatikan segala aspek yang dibutuhkan oleh siswa karena sebelum pembelajaran kita telah melakukan analisis terhadap  kebutuhan dan latar belakang. Pemetaan awal terhadap kebutuhan siswa serta profil siswa dapat dibuat melalui angket atau wawancara secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran guru dengan mengkondisikan siswa dengan konten yang telah disiapkan sesuai dengan karegori yang disenangi oleh siswa SMP Al Azhar Palu, begitu pula dalam proses pembelajaran siswa sudah dikelompokkan sesuai dengan profilnya sehingga guru bisa membuat beberapa cara penyampaian materi yang sesuai dengan kelompok siswa tersebut. Dengan penerapan inovasi pembelajaran berdiferensiasi ini dapat mendorong minat dan bakat siswa SMP Al Azhar Mandiri Palu dalam berolahraga.

Keywords


pembelajaran diferensiasi; minat dan bakat

Full Text:

PDF

References


Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. Trihayu, 2(3), 259034

Darmi. (2013). “Aliran-Aliran yang Mempengaruhi Kurikulum Pendidikan.” Aceh Barat: Jurnal At-Ta’dib. 1-7 http://eprints.umpo.ac.id/5758/3/8.%20asli- aliran%20progresivisme%20dalam%20pendidikan%20di%20indonesia.p df.

Faiz, Aiman dkk. (2020). “Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif

Filsafat Progresivisme.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 12(2), 2442-2355. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/index.

Ibrahim, R. (2018). “Filsafat Progresivisme Perkembangan Peserta Didik.” Al-Riwayah: Jurnal

Inklusif.” PLB FIP UNP, Padang. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23547.

Jalaluddin dan Idi, A. 2012. Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas XI MIPA

SMA Negeri 8 Barabai oleh. Julak: Jurnal Pembelajaran dan Pendidik. 1(1), 89-100

Kependidikan, 10(1), 151–166. https://doi.org/10.32489/al-riwayah.156.

Kurnia, Devi. (2022). “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). “Differentiated Learning for Students with

Marlina, Marlina. (2019). “Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah

Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas VII SMP, Universitas Riau.” Jurnal Tunjuk Ajar. 5, 278–290. https://jta.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTA/article/view/8012.

Muttaqin, A. (2016). “Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum”. Pendidikan Islam Dinamika, 1(1), 67–92.

Ni Made Risa Kusadi. (2022). “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Vak.” 19(1), 55–60.

Nurdini, D. H. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Asaatidzah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. 1(2), 124-138

Rapar, Hendrik, 1996. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Sapriati dkk, (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Special Needs in Inclusive Schools.” 382(Icet), 678–681. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD. Tomlinson. (Modul 2.1 PGP, 2020)

Tomlinson, Carol. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Differentiated Instructions provides access for all students to the general education curriculum. The method of assessment may look different for each child, however the skill or concepts taught is the same. Classrooms (dalam bahasa Inggris) (edisi ke-2). Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16571

Article Metrics

Abstract view : 3189 times
PDF - 2236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats