Gradasi model inovasi pembelajaran pendidikan jasmani dengan flipped clasroom

Karsa Adyatma Jelantik, Gunawan Gunawan

Abstract


Pendidikan jasmani merupakan mata pelajaran favorit siswa karena banyak berkegiatan diluar ruangan. Sehingga perlu memilih model pembelajaran sebagai inovasi agar pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif dan efesien. Model pembelajaran merupakan pendekatan yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Dimana pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dan murid. Tujuan penulisan makalah untuk mengetahui seberapa efektif penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran penjas. Pembelajaran penjas yang lebih cendrung mengedepankan kegiatan diluar ruangan tentunya akan sangat efektif dalam penerapan model pembelajaran flipped Classroom ini, karena guru akan bias lebih fokus untuk mengajarkan Teknik Gerakan dan tidak lagi lebih banyak menjelaskan mengenai pengantar materi ajar karena telah diberikan sebelumnya. Kesimpulan, model pembelajaran ini cukup efektif diterapkan pada pembelajaran penjas karena lebih mengefesienkan waktu pembelajaran penjas yang mana pembelajaran penjas sendiri lebih berfokus pada kegiatan jasmani yang dilaksanakan diluar ruangan

Keywords


pendidikan jasmani; efektif; flipped classroom

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, C., Efgivia,M.G., Arief,Z.A., Hartono.R. (2021). Ptm Terbatas Dengan Menggunakan Model Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Pjok. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Collins, A., & Halverson, R. (2018). Rethinking education in the age of technology: The digital revolution and schooling in America. Teachers College Press.

Damayanti dan Sutama. (2016). Efektivitas Flipped classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di SMK. Jurnal Managemen Pendidikan-Vol. 11, No. 2, Januari 2016 : 2-8

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Johnson, G. B. (2013). Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia

Gunawan. (2021). Pengaruh pembelajaran multimedia terhadap tingkat pengetahuan gerak dasar permainan bolavoli mahasiswa olahraga. 0383, 52–58.

Gunawan, Dlis, F., & Widiastuti. (2019). Effect of Interactive Multimedia Learning to Learn. Journal of Education, Health and Sport, 9(9), 263–270. http://ojs.ukw.edu.pl/index.php/johs/article/download/7407/9065

Khoirotunnisa, A., & Irhadtanto, B. (2019). Pengaruh model pembelajaranFlipped Classrom Tipe traditional Flipped terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang PendidikanMatematika, 5(2), 153-163. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13484

Kurniawati, Santanapurba &Kusumawati. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 7, Nomor 1. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1. 6827

Lag dan Saele. (2019). Does the Flipped classroom Improve Student LearningAnd Satisfaction? A Systematic Review and Meta-Analysis. AERA Open July September 2019, Vol. 5, No. 3, pp. 1–17 https://doi.org/10.1177/2332858419870489

Marina, H., & Ridlo, S. (2021). The Effectiveness of Flipped Classroom to Improve Students ’ Understanding and Self Efficacy during the Covid-19 Pandemic Concept. 10(1), 70–76.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning

Center.

Saputra & Mujib. (2018). Efektivitas Model Flipped classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika,1(2), 2018, 173 – 179

Sergis, S., Sampson, D. G., & Pelliccione, L. (2018). Investigating the impact of Flipped Classroom on students' learning experiences: A Self-Determination Theory approach. Computers in Human Behavior, 78, 368-378.

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Zainuddin, Z., & Keumala, C. M. (2018). Blended learning method within Indonesian higher education institutions. Jurnal Pendidikan Humaniora, 6(2), 69-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16586

Article Metrics

Abstract view : 610 times
PDF - 484 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats