Literature review: pembelajaran PJOK berbasis assemblr edu untuk siswa sekolah dasar

Mochammad Hamdany, Febi Kurniawan, Ega Trisna Rahayu, Ruslan Abdul Gani

Abstract


Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan fisik dan kesehatan siswa sekolah dasar. Namun, pendekatan tradisional dalam pembelajaran PJOK seringkali kurang menarik bagi siswa dan menghadapi keterbatasan dalam hal teknologi serta interaktivitas. Tujuan dari penelitian ini menyajikan tinjauan literatur terkait penggunaan aplikasi Assemblr Edu sebagai media pembelajaran interaktif dalam PJOK. Assemblr Edu adalah platform berbasis augmented reality (AR) yang memungkinkan guru untuk menyajikan materi PJOK dalam bentuk visual 3D yang menarik dan interaktif. Melalui kajian literatur, ditemukan bahwa penerapan Assemblr Edu dapat meningkatkan minat, motivasi, serta pemahaman siswa terhadap materi PJOK. Penggunaan teknologi AR juga memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih aktif dan eksploratif, yang sejalan dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi AR dalam pembelajaran PJOK sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.


Keywords


Pendidikan Jasmani; Assemblr Edu; sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone bagi Guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2), 140-149. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4022

Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210-218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153

Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98-109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961

Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman

Gemilang, D., & Listiana, H. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 1(1), 49-64. https://doi.org/10.22515/athla.v1i1.3048

Harahap, O. F. M., Pd, M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. Azka Pustaka.

Hasanah, A. (2022). Assemblr Edu Analysis and Interpretation as an Interactive Media in Language Learning. International Conference on Islamic Studies (ICIS), 1195-1202.

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point debagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34-41. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/113

Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Nurlaila, Q., Rahmi, H., Cahyati, A., Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. TOHAR MEDIA.

Lissa’adah, L., & Widiyatmoko, A. (2023). The Effectiveness of Augmented Reality Based on Assemblr Edu To Increase Learning Interest and Student Learning Outcomes. Journal of Environmental and Science Education, 3(2), 79-85. https://doi.org/10.15294/jese.v3i2.61000

Ningtyas, D. T. (2022). Penggunaan Aplikasi Assemblr Edu “Konten Mendongeng” Berbasis Augmented Reality untuk membentuk Karakter Anak. Jejaring Teknologi Metaverse. Akademia Pustaka.

Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika di Kelas 1 MI Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA, 3(1), 149-165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1274

Pandikar, E. (2020). Pembelajaran IPS Meningkatkan Kemampuan Ekoliterasi Peserta Didik. Sandhyakala Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya, 1(2), 71-82. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i2.340

Rini, F., Mary, T., Pratama, A., Devegi, M., Untari, R. T., & Pernanda, A. P. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Assemblr Edu (AR) dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran bagi Guru SMK. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36-40. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.283

Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., KM, S., Ali, I. H., MP, M. E., & Adipradipta, A. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Sayee, I. M. (2023). Effective Social Factors on the Studying Culture. Integrated Journal for Research in Arts and Humanities, 3(4), 38-42. https://doi.org/10.55544/ijrah.3.4.5

Sudrajat, H., & Hariati, R. H. (2021). Hakikat Pendidikan Sepanjang Hayat untuk ditanamkan pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(02), 253-262. https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v6i02.44

Sutianah, C. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.

Triana, V., & Hariyastuti, A. (2024). The Effect of using the Assemblr Edu Application as a Media for Learning Subjects in Science on Students’ Interests and Learning Outcomes (Case Study: Bedug State Primary School 01). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(2), 280-288. https://doi.org/10.29407/jpdn.v9i2.21297

Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489-499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20876

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats