Literature review: pembelajaran PJOK berbasis assemblr edu untuk siswa sekolah dasar
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan fisik dan kesehatan siswa sekolah dasar. Namun, pendekatan tradisional dalam pembelajaran PJOK seringkali kurang menarik bagi siswa dan menghadapi keterbatasan dalam hal teknologi serta interaktivitas. Tujuan dari penelitian ini menyajikan tinjauan literatur terkait penggunaan aplikasi Assemblr Edu sebagai media pembelajaran interaktif dalam PJOK. Assemblr Edu adalah platform berbasis augmented reality (AR) yang memungkinkan guru untuk menyajikan materi PJOK dalam bentuk visual 3D yang menarik dan interaktif. Melalui kajian literatur, ditemukan bahwa penerapan Assemblr Edu dapat meningkatkan minat, motivasi, serta pemahaman siswa terhadap materi PJOK. Penggunaan teknologi AR juga memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih aktif dan eksploratif, yang sejalan dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi AR dalam pembelajaran PJOK sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone bagi Guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2), 140-149. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4022
Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210-218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153
Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98-109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961
Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman
Gemilang, D., & Listiana, H. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 1(1), 49-64. https://doi.org/10.22515/athla.v1i1.3048
Harahap, O. F. M., Pd, M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. Azka Pustaka.
Hasanah, A. (2022). Assemblr Edu Analysis and Interpretation as an Interactive Media in Language Learning. International Conference on Islamic Studies (ICIS), 1195-1202.
Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point debagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34-41. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/113
Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Nurlaila, Q., Rahmi, H., Cahyati, A., Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. TOHAR MEDIA.
Lissa’adah, L., & Widiyatmoko, A. (2023). The Effectiveness of Augmented Reality Based on Assemblr Edu To Increase Learning Interest and Student Learning Outcomes. Journal of Environmental and Science Education, 3(2), 79-85. https://doi.org/10.15294/jese.v3i2.61000
Ningtyas, D. T. (2022). Penggunaan Aplikasi Assemblr Edu “Konten Mendongeng” Berbasis Augmented Reality untuk membentuk Karakter Anak. Jejaring Teknologi Metaverse. Akademia Pustaka.
Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika di Kelas 1 MI Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA, 3(1), 149-165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1274
Pandikar, E. (2020). Pembelajaran IPS Meningkatkan Kemampuan Ekoliterasi Peserta Didik. Sandhyakala Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya, 1(2), 71-82. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i2.340
Rini, F., Mary, T., Pratama, A., Devegi, M., Untari, R. T., & Pernanda, A. P. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Assemblr Edu (AR) dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran bagi Guru SMK. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36-40. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.283
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., KM, S., Ali, I. H., MP, M. E., & Adipradipta, A. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Sayee, I. M. (2023). Effective Social Factors on the Studying Culture. Integrated Journal for Research in Arts and Humanities, 3(4), 38-42. https://doi.org/10.55544/ijrah.3.4.5
Sudrajat, H., & Hariati, R. H. (2021). Hakikat Pendidikan Sepanjang Hayat untuk ditanamkan pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(02), 253-262. https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v6i02.44
Sutianah, C. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.
Triana, V., & Hariyastuti, A. (2024). The Effect of using the Assemblr Edu Application as a Media for Learning Subjects in Science on Students’ Interests and Learning Outcomes (Case Study: Bedug State Primary School 01). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(2), 280-288. https://doi.org/10.29407/jpdn.v9i2.21297
Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489-499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20876
Article Metrics
Abstract view : 76 timesPDF - 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.